1000 Masker Produksi BLK Lubuk Sikaping Diserahkan Kepada Gugus Tugas Covid 19

277
Bupati Pasaman, Yusuf Lubis Serah APD hasil karya BLK Lubuk Sikaping ke Gugus Tugas Covid19
Bupati Pasaman, Yusuf Lubis Serah APD hasil karya BLK Lubuk Sikaping ke Gugus Tugas Covid19

ARRUSNews Tatkala alat pelindung diri (APD) berupa masker semakin sulit diperoleh guna melawan ancaman Virus Corona, BLK (Balai Latihan Kerja) Lubuk Sikaping hadir memberi solusi dengan menyerahkan 1000 Masker dan Bilik Disinfektan.

Lembaga pendidikan ketrampilan yang berada di Kabupaten Pasaman itu memproduksi ribuan masker dengan melibatkan sebanyak 16 tenaga penjahit yang merupakan alumni BLK setempat.

Mengapresiasi itu, Bupati Pasaman Yusuf Lubis didampingi Kepala Dinas Perdaginnaker Kab. Pasaman M.N Susilo dan Kepala UPT BLK Lubuksikaping, Jumat (3/4), menyerahkan langsung masker dan bilik desinfektan untuk Gugus Tugas Covid-19 yang akan pergunakan petugas perbatasan antara Pasaman dengan Madina, Sumatera Utara, di Muara Cubadak, Mapat Tunggul.

APD tersebut merupakan hasil karya UPT BLK Lubuk Sikaping program pembuatan masker Kementerian Ketenagakerjaan, Kemnaker RI melalui UPTP BLK Padang di Sumbar, Riau dan Kepri.

“APD saat ini sangat sulit didapatkan, terutama masker. Maka bantuan ini diharapkan dapat membantu para petugas jaga di posko siaga Covid-19 Pasaman dalam menjalankan tugasnya. Kita ingin petugas lapangan tetap terjaga keselamatan dan kesehatannya,” ungkap Yusuf Lubis.

Bupati Pasaman menyampaikan, saat ini petugas jaga posko yang terdiri dari tim gabungan, merupakan bagian dari garda terdepan dalam penanggulangan Virus Corona karena berhadapan langsung dengan masyarakat, terutama mereka yang datang dari kota-kota besar yang masuk dalam zona merah Virus Corona. Warga tersebut, sambung Bupati,  secara otomatis masuk dalam Pengawasan.

Disisi lain, Kepala Dinas Perdaginnaker M.N Ssusilo bersama Kepala BLK Lubuksikaping menjelaskan, produksi masker ini merupakan bentuk keseriusan pemerintah dalam upaya pencegahan penyebaran Virus Corona di Pasaman yang nantinya akan dibagikan oleh Gugus tugas Covid-19 diberbagai tempat.

” BLK Lubuk Sikaping yang melaksanakan pengerjaan pembuatan Masker ini, kedepan masih terus bekerja memproduksi masker tahap berikutnya guna menutupi kebutuhan masker untuk daerah Pasaman,” Ujar Susilo.

Terakhir, Kepala UPT BLK Lubuk Sikaping, secara teknis menjelaskan, bahan yg digunakan untuk pembuatan masker adalah bantuan dari Kementerian Ketenagakerjaan.

“Sebanyak 15 bal kain katun oxford, dengan target pembuatan kisaran 2500-3200 masker. Selain itu untuk pembuatan kotak desinfektan ini merupakan karya dari UPT BLK Lubuksikaping dengan memanfaatkan bahan kayu yang ada,” pungkas Haryadi.

Repoeter : M. Afrizal

Editor       : Melatisan

 

Facebook Comments

loading...