Di Kab. Solok, Bantuan Sosial Bagi Warga Terdampak Covid-19 Diserahkan

106
Kotobaru
Bupati Solok, H. Gusmal saat menyerahkan bantuan beras untuk Nagari Koto Baru, Kecamatan Kubung

ARRUSNewsBantuan sosial untuk 61.687 KK (kepala keluarga) di Kabupaten Solok untuk warga yang terdampak covid-19 mulai dibagikan. Bupati Solok, H. Gusmal bersama Ketua TP-PKK Ny. Desnadefi Gusmal dan staf lainnya menyalurkan bansos ini ke setiap nagari secara bergiliran.

Menurut Bupati Gusmal, bantuan yang diberikan terbagi ke dalam dua kelompok besar, yakni mereka yang sudah menerima bantuan sebelum pandemi Covid-19 yakni bantuan PKH yang diberikan kepada 2.565 KK dan bantuan sembako, bagi keluarga yang terdampak. “Ada bantuan khusus untuk warga  yang terdampak Pandemi Covid-19,” jelas Gusmal.

Bantuan ini, jelas Gusmal, ada bantuan sosial dari BLT Pusat sebanyak 14.665 KK, bantuan Sosial dari BLT Provinsi sebanyak 9.902 KK, serta adanya Bantuan Dana Desa sebanyak 13.359 KK. Bantuan diberikan kepada keluarga tidak ada yang dempet, atau menerima keduanya.

“Kalau masih ada keluarga yang tidak terdata, sepanjang memenuhi persyaratan, segera melaporkan diri ke pemerintahan nagari” harap Gusmal.

Secara bergiliran, Bupati Solok menyempatkan diri menyalurkan bantuan ke nagari. Bupati bersama rombongan menyalurkan bantuan ini ke Koto Baru, Gantung Ciri, Sumani, Muara Panas, dan beberapa nagari lainnya.

“Warga yang terdampak Covid-19 menerima bantuan selama tiga bulan, April, Mei dan Juni,” jelas Gusmal.

Penyaluran tahap pertama dilakukan pada Mei 2020 untuk April dan Mei. Diharapkan pada Juni 2020 mendatang bantuan untuk bulan ketiga diharapkan bisa dicairkan tepat waktu. Penyaluran dilakukan langsung ke rumah warga atau diatur oleh pemerintahan nagari, tetapi tidak berkerumun atau tetap menjaga sosial distancing.

“ Warga penerima bantuan, tunggu saja di rumah, aparat nagari yang akan mengantarkan ke setiap rumah,” ujar Wali Nagari Koto Baru Afrizal.

Di Koto Baru, jelas Afrizal, aparat naagri dibantu Babinsa nagari, mengantarkan beras yang sudah dikemas 10 Kg untuk 2.104 KK. Beras dibagikan ke delapan jorong yang dalam nagari Koto Baru.

Di samping menerima bantuan melalui APBD, jelas Afrizal, Ngari Koto Baru juga yang akan menerima bantuan dari Pemprov Sumbar sebanyak 376 KK dan  bantuan dari Kementerian Sosial sebanyak 1.409 KK.

Bantuan yang sama juga diterima nagari lainnya di Kabupaten Solok. Bupati Solok, H. Gusmal selalu mengingatkan agar begitu bantuan sampai di pemerntahan nagari maka segera salurkan kepada warga yang terdampak, agar bisa dimanfaatkan.

Reporter: Aznul Hakim

Editor     : Melatisan

Facebook Comments

loading...