Bersama Disperinnaker Kampar, Dekranasda  Gelar Pelatihan Marketplace Bagi Pengrajin dan IKM

Kampar
Menandai dimulainya pelatihan berbasis online shop sebagai Marketplace, wakil ketua Dekranasda Kampar Hj. Juli Mastuti Yusri memasangkan tanda peserta

ARRUSNews – Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Kampar menunjukkan komitmen untuk memajukan pelaku Industri Kecil Menengah (IKM) dan tenaga pengrajin lokal.

Bersama Dinas Perindustrian Dan Tenaga Kerja (Disperinnaker) Kabupaten Kampar, Riau, Dekranasda menggelar pelatihan berbasis online shop sebagai Marketplace di Aula Balai Latihan Kerja (BLK) Desa Ridan Permai Kecamatan Bangkinang Kota.

Pelatihan yang berlangsung selama dua hari, Selasa dan Rabu (7-8/9/2021),dibuka
Ketua Dekranasda Kampar diwakili oleh Wakil Ketua Dekranasda Hj. Juli Mastuti Yusri.

Menyemangati pelatihan, Wakil Ketua Dekranasda Hj. Juli Mastuti Yusri mengatakan, melalui pelatihan ini diharapkan dapat meningkatkan frekuensi transaksi jual beli antara penjual dan pembeli.

Dikatakan, seiring meningkatnya pengguna sosial media, pemasaran produk dengan memanfaatkan media marketplace melalui online berpotensi untuk memperluas pangsa pasar bagi produk yang ditawarkan. Sehingga kemungkinan closing akan lebih besar.

Peserta pelatihan berbasis online foto bersama dengan Wakil Ketua Dekranasda dan Kepala Disperinnaker kampar

Didampingi pengurus Dekranasda lainnya, Hj. Juli Mastuti juga menekankan pentingnya keberadaan industri kerajinan sebagai wahana peningkatan pendapatan, penciptaan usaha baru melalui pelestarian hasil budaya daerah.

“Pengrajin berkembang, usaha berdaya, optimalisasikan penyerapan tenaga kerja. Saya yakin kita pasti bisa.” Lanjut Juli dengan mantap.

Sementara itu, Kepala Dinas Perindustrian Dan Tenaga Kerja Drs. H. Ali Sabri menghimbau agar para peserta dapat mengikuti pelatihan ini dengan baik dan sungguh sungguh.

“Mari kita ikuti dan kembangkan kemungkinan untuk saling berkolaborasi. Kita tingkatkan strategi pemasaran produknya melalui marketplace. Kepada instruktur saya juga mengucapkan terima kasih telah berkenan memberikan ilmu kepada peserta pelatihan.” ucap Ali yang juga sebagai ketua harian Dekranasda Kampar.

Terkait dengan instruktur pelatihan ini, berbagai pihak yang kompeten didatangkan, seperti PT. Shopee Internasional dan CV. Madu Wilbi.

Disamping itu, juga datang dari pemerintah Provinsi Riau yang mengelola Aplikasi Jual Buy dan Diskominfotik Riau.

Reporter: Dino Aritaba

Facebook Comments

Artikel sebelumyaHebat, Bupati Agam Andri Warman Berikan Mahasiswa Bantuan Biaya Hidup
Artikel berikutnyaTim Karawai Polres Solok Tangkap Dua Tersangka Pencuri Kotak Amal Masjid