Bocah Solok Selatan Dikhitan Makhluk Halus, Ini Penjelasan dr.Tony Hardian, Sp.B

1402
dr.Tony Hardian, Sp.B
dr.Tony Hardian, Sp.B

ARRUSNewsSeorang bocah di nagari Pekonina, Kecamatan Pauh Duo Solok Selatan (Solsel), Sabtu (4/4), mengalami peristiwa aneh karena di diduga dikhitan (disunat) oleh makhluk halus (Jin).

Peristiwa itu sempat mengejutkan warga setempat, namun dari sisi ilmu medis,  dokter spesialis bedah RSUD Solsel, dr.Tony Hardian, Sp.B menyebutkan, dibanyak kasus serupa, kejadian langka itu dikenal dengan Paraphimosis.

“ Kita memandang secara medis, kemungkinan itu Paraphimosis,” kata Tony Hardian kepada ARRUSNews. com, Minggu (5/4).

Dikatakan, kelainan bentuk penis yang terjadi karena kulup (preputium) yang tertarik ke belakang tidak bisa kembali ke posisi, sehingga menjerat batang penis yang menyebabkan kepala penis terlihat seolah-olah seperti telah dikhitan.

“Paraphimosis terjadi pada penis yang belum disunat. Kelainan ini dapat terjadi di segala usia, namun lebih sering terjadi pada anak-anak dan lansia,” kata dr.Toni.

Menurutnya, Paraphimosis ini akan menimbulkan rasa sakit dan bengkak di ujung penis.

“Kondisi ini harus segera ditangani untuk mencegah komplikasi yang lebih serius, tidak bisa dibiarkan lama, harus dilakukan tindakan medis cepat, sebaiknya di lakukan tindakan operasi dorsumsisi (sunat),” lanjut Toni.

Ditambahkan dr.Toni, komplikasi serius dapat terjadi jika paraphimosis tidak segera ditangani.

“Komplikasi muncul akibat gangguan aliran darah dan oksigen ke kepala penis,” terangnya.

Dikatakannya, komplikasi tersebut meliputi, kerusakan jaringan kepala penis, infeksi pada kepala penis dan kematian jaringan dan putusnya kepala penis.

Reporter: Jefli

Editor    : Melatisan

 

Facebook Comments

loading...