Buka Penyusunan RKPD Dharmasraya, Dt Labuan: Dituntut Kesungguhan OPD Menghasilkan Perencanaan Berkualitas

Dharmasraya
Wakil Bupati Dharmasraya DP Dt Labuan membuka penyusunan RKPD daerah itu, Selasa (16 Maret 2021)

ARRUSNews – Wakil Bupati Dharmasraya DP Dt Labuan menyambut hangat penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daera (RKPD) Kabupaten Dharmasraya yang berlangsung selama dua hari kedepan di  Auditorium setempat, Selasa (16 Maret 2021)

 

Wakil Bupati Dharmasraya mengharapkan kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD)  agar dapat merumuskan RKPD tahun 2022, sesuai dengan harapan masyarakat, dengan mengacu pada hasil Musrenbang, serta mengakomodir program dan kegiatan dituangkan dalam  visi-misi kepala daerah.

“Adapun bentuk penyusunan rencana kerja perangkat daerah, wajib berpedoman atas pencapaian hasil dari tahun sebelumnya,” tegas Wabup Dharmasraya DP Dt Labuan.

SKPD
Kepala SKPD Kabupaten Dharmasraya mengikuti pembukaan penyusunan RKPD di buka Wabup DP Dt. Labuan

Sesuai dengan tema “Pemerataan Infrastruktur untuk Menunjang Peningkatan Ekonomi Masyarakat,” setiap OPD harus mempedomani arah kebijakan dan prioritas pembangunan yang termuat dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Negara (RPJMN) tahun 2019-2024, serta mengacu kepada Rancangan Awal Rencana Kerja Pemerintah Tahun 2022, dan tidak mengabaikan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Kabupaten Dharmasraya Tahun 2005-2025.

Forum OPD, juga dituntut untuk menyelaraskan rencana kerja perangkat daerah dengan keinginan serta janji politik bupati dan wakil bupati saat Pilkada, sesuai dengan kemampuan yang terukur.

Apabila salah meletakkan kebijakan, tentu berakibat tidak baik bagi pengembangan daerah. Maka dari itu, kesungguhan OPD sangat dituntut, sehingga akan menghasilkan perencanaan yang berkualitas.

Apalagi saat ini, Bapppeda sudah menggunakan aplikasi Sistem Informasi Perencanaan Daerah (SIPD) tentu akan menjamin konsistensi perencanaan dan anggaran, sehingga mampu meminimalisir kegiatan tidak sesuai dengan sasaran kinerja. Karena setiap program dan kegiatan didukung oleh  e-planning melalui aplikasi SIPD Perencanaan, pungkasnya.

Reporter: S Hanif

Facebook Comments