Bupati Solok Serahkan BLT DD di Sungai Durian dan Guguak Sarai

128
arahan
Mengiringi bantuan beras dan BLT-DD di nagari Sungai Durian, kecamatan Sungai Lais, bupati Solok memberikan arahan tentang pelaksanaan PSBB

ARRUSNews– Tiga hari menjelang hari raya Idul Fitri 1441 H, Bupati Solok H. Gusmal bersama ketua TP-PKK daerah itu kembali menyerahkan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD) secara simbolis di dua nagari berterangga di Kecamatan IX Koto Sei Lasi, yakni nagari Sungai Durian dan Guguak Sarai, Kamis (21/5).

Didampingi  Camat IX kt Sungai Lasi Reflidon, Kapolsek dan Danramil Sungai Lasi, serta  Askor Eksbang Kesra Medison dan sejumlah kepala SKPD, Bupati Gusmal merealisasikan bantuan kepada 138 KK warga nagari Sungai Durian dan 142  KK di nagari Guguak Sarai.

Atas bantuan itu, Walinagari Guguak Sarai dan Wali nagari Sungai Durian menyapaikan terimakasih karena telah membantu masyarakat setempat yang terdampak Covid 19.

” Mudah-mudahan bantuan dari bupati Solok dapat bermanfaat bagi warga yang terdampak. Dan bantuan beras ini dapat meringankan beban masyarakat kita,” sebut Wali nagari Guguak Sarai.

Mengiringi bantuan itu,  Bupati Solok Gusmal menyebutkan,  penerima manfaat BLT DD berlangsung selama 3 bulan, masing-masing sebanyak Rp 600.000/perbulan. Diharap bantuan dana desa tersebut tidak dipergunakan untuk sesuatu yang tidak bermanfaat, tetapi hanya  untuk memenuhi kebutuhan hidup.

” Bantuan Langsung Tunai Dana Desa dari pusat penerimanya tetap dan tidak berubah-rubah. Artinya  orangnya tidak boleh diganti. Ini sudah Ada peraturan Permendes nomor 6 tahun 2020,” jelas Gusmal

Sementara itu, ulas Bupati Solok, bantuan Pemerintah Propinsi belum bisa diturunkan, karena masih ada juga datanya yang belum lengkap. Banyak calon penerima yang  belum punya Nomor Induk Kependudukan (NIK). Karena itu, diminta kepada walinagari untuk melengkapi data dan mencocokanya. Kalau sudah lengkap, Kemungkinan BLT Propinsi dibagikan setelah lebaran.

” Sedangkan bantuan dari pemerintah kabupaten, meliputi seluruhnya. Apakah itu PKH, Sembako, BLT Prop, BLT DD,  itu semuanya kita berikan  berupa beras bantuan dalam dua tahap. Tahap pertama sudah kita berikan dan tahap kedua juga akan kita serahkan,” sebut Gusmal.

simbolis
Penyerahan bantuan secara simbolis oleh bupati Solok H. Gusmal

Bupati Solok sekaligus menyampaikan   kepada pemerintah Nagari dan pemerintah Kecamatan serta masyarakat,  tentang pandemi Covid 19 yang sedang mewabah.

Saat ini, kata dia,  pemerintah Provinsi Sumatera Barat masih dalam melaksanakan PSBB. PSBB ini tidak sama dengan lockdown. Kalau lockdown semuanya tertutup, tidak boleh keluar masuk baik orang maupun barang.

Sedangkan pengertian PSBB adalah pembatasan keluar masuk orang, sedangkan untuk barang kebutuhan pokok tidak di batasi.

” Inti dari PSBB itu adalah,  bahwa setiap orang diharapkan tetap berada di rumah saja (Stay At Home). Peraturan  PSBB  ini yang dipakai oleh pemerintah untuk memutus mata rantai Covid 19,” tutur Bupati Gusmal.

Reporter: Aznul Hakim

Editor     : Melatisan 

 

 

 

Facebook Comments

loading...