Danrem 032/Wbr Bersama Bupati Solok Panen Raya di Guguak Sarai

59
Panen
Menandai panen raya di lahan sawah nagari Guguak Sarai, Danrem Brigjen TNI Arief Gajah Mada bersama Bupati Solok Gusmal, Kapolres, Kasiren Korem, para Kasi Kasrem serta Dandim 0309/ Solok turun ke sawah melakukan panen, Kamis (23 Juli 2020).

ARRSNews –  Danrem 032/Wirabraja bersama  jajaran Kodim 0306/Solok terus membangun sinergi dengan pemerintah Kabupaten Solok dan masyarakat  dalam  meningkatkan hasil pertanian. Langkah itu dislakukan sebagai usaha  menguatkan ketahanan pangan pada masa  pandemi Covid 19.

 

Sebagai realisasi dari usaha  budidaya pertanian itu, Kamis 23 Juli 2020 ,dilakukan panen raya Padi varietas Ir 42 oleh Komandan Korem  Brigjen TNI Arief Gajah Mada bersama Bupati Gusmal, Kapolres dan Forkopimda Kab Solok di di Nagari Guguak Sarai, Kecamatan IX Koto Sei Lasi,

Dengan melibatkan personil Koramil dan para Babinsa,   panen raya ini disambut gembira oleh Wali Nagari Guguak Sarai Dt. Endah Bungsu. Wali nagari  dengan  rasa bangga dan terimakasih atas kepedulian jajaran TNI sehingga dikunjungi  Danrem 032/Wirabraja.

Panen
Danrem 032/Wirabraja bersama Bupati Solok disambut dengan jamuan sirih dalam carano ktika melaksanakan panen raya di nagari Guguak Sarai, Kabupaten Solok

Disampaikan,  potensi lahan sawah di Nagari Guguk Sarai seluas 35 hektar, dengan hasil 6.5 ton perhektarnya  Dengan potensi itu, Wali nagari mengaku  mencukupi ketahanan pangan selama Covid 19. “ Kita berharap adanya perbaikan irigasi dari pemeriran Kabupaten Solok,” jelasnya.

Menanggapi itu, Bupati  Solok Gusmal menyebutkan, wilayah Solok memiliki tiga zona, yaitu zona Utara memiliki hasil pertanian perikanan dan kerambah ikan bilih. Zona tengah menghasilkan lumbung padi terbaik dengan lahan seluas 23.000 hektar, serta kwalitas premium, sedangkan  untuk Zona Selatan menghasilkan hortikultura, seperti bawang kentang dan sayuran. “ Dengan kondisi ini,  dapat dikatakan Kab Solok  merupakan salah satu daerah lumbung pangan di Sumatera Barat,” sebut Gusmal.

Mengiringi panen raya itu,  Komandan Korem 032/Wbr Brigjen TNI Arief Gajah Mada menyampakan apresiasi kepada Dandim, masyarakat dan Forkopimda yang telah menyiapkan kegiatan ini.

Program ketahanan pangan, kata Arif, merupakan salah satu program TNI di bidang teritorial untuk menjaga ketahanan pangan.

“ Ketahanan pangan ini merupakan ketersediaan ketahanan pangan. Semua elemen harus ikut bekerja untuk menjaga kestabilannya dengan  memperhatikan perairan dan hama. Dengan begitu,  kwalitas padi dapat terjaga,” sebut Arief Gajah Mada.

Solok
Danrem 032/Wirabraja bersama Bupati Solok ketika melaksanakan panen raya di nagari Guguak Sarai, Kabupaten Solok

Disisi lain,  Komandan Korem tidak  terus mengingatkan masyarakat setempat agar selalu menegakkan  disiplin protokol kesehatan dengan tetap menggunakan masker, rajin cuci tang dan menjaga jarak.

Selain Danrem 032 Wirabraja Arief Gajah Mada dan bupati Solok Gusmal, hadir pada kesempatan Dandim 0309 Solok,  Kapolres Solok Kota, kepala SKPD dan  Camat IX Sei Lasi Reflidon serta  Wali Nagari dan pemuka masyarakat Guguak Sarai.

Selepas melaksanakan panen,  secara bersama sama dengan pejabat forkopimda dilanjutkan pemberian bantuan pupuk  dan sembako kepada kelompok tani Limutu Guguak Sarai.

Reporter: Aznul Hakim

Editor        : Melatisan

Facebook Comments

loading...