Dapat Asimilasi, 79 WBP Lapas Kelas II B Solok Pulang

374
Penyerahan SK asimilasi kepada dua dari 79 orang Warga Binaan Pemasyarakatan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) kelas II B Solok, Rabu (1/4) di Solok. (Foto: Istimewa)
Penyerahan SK asimilasi kepada dua dari 79 orang Warga Binaan Pemasyarakatan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) kelas II B Solok, Rabu (1/4) di Solok. (Foto: Istimewa)

ARRUSNews – Sebanyak 79 orang Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) kelas II B Solok  pulang ke rumah setelah  mendapat program asimilasi dari Kementerian Hukum dan Ham RI dalam rangka pencegahan dan penanganan COVID-19.

Kalapas Kelas II Solok, Andi Mulyadi mengatakan, untuk tahap pertama dari tanggal 2-7 April 2020, Lapas kelas II B Solok dapat kuota program asimilasi dan integrasi WBP sebanyak 79 orang.

” Kita sudah kita serahkan SK asimilasi kemarin (Rabu-red) kepada dua orang WBP. Sampai tanggal 7 April 2020, total WBP yang dinerikan asimilasi di rumah sebanyak 79 orang,” terang Andi Mulyadi, Kamis (2/4/2020).

Menurutnya, pemberian asimilasi bagi WBP dilakukan berdasarkan surat keputusan Mentri Hukum dan HAM tentang pengeluaran dan pembebasan narapidana dan anak melalui asimilasi dan integrasi dalam rangka pencegahan dan penanggulangan penyebaran COVID-19.

Menurutnya, Pemberian asimilasi bagi WBP disesuaikan dengan syarat-syarat yang ada seperti pengusulan PB dan remisi, berkelakuan baik, sudah menjalani lebih dari setengah hukuman (2/3 masa hukuman dibawah 31 Desember 2020) serta subsidernya sudah dijalani atau dibayar dan syarat asimilasi lainnya.

“Pemberian asimilasi di rumah diberikan pada narapidana dan anak yang tidak terkait PP nomor 99 tahun 2012 tentang syarat dan tatacara pelaksanaan hak Warga Binaan Pemasyarakatan,” terangnya.

Dijelaskannya, pada dasarnya, Asimilasi yang diberikan sebenarnya sama dengan asimilasi pihak ketiga, namun karena ada wabag Corona, WBP diserahkan di rumah masing-masing agar tidak terkontaminasi, pengawasannya nanti dari pihak Bapas Padang.

Untuk tahap asimilasi dan integrasi berikutnya dalam rangka pencegahan dan penanggulangan penyebaran COVID-19, pihak Lapas kelas II B Solok masih menunggu kebijakan dari KemenkumHAM.

Dari data Lapas Kelas II B Solok, saat ini penghuni Lapas lebih kurang 461 orang, dengan tahanan sekitar seratus orang dan selebihnya WBP.

Reporter: Adi

Editor   : Melatisan

 

 

Facebook Comments

loading...