DPRD Kota Solok Sambut Baik Seminar Evaluasi Perda Etika Pemerintahan Daerah

seminar
Bersama walikota solok Zul elfian, anggota DPRD Rusdi Saleh ikuti Seminar evaluasi Perda Etika

ARRUSNews – Ketua DPRD Kota Solok diwakili Sekretaris komisi II, Rusdi Saleh menghadiri Seminar konsultasi publik kajian Evaluasi Peraturan Daerah Nomor 1 Tahun 2008 tentang etika Pemerintahan Daerah Kota Solok, Kamis (2/9/2021) di aula Balitbang setempat.

Kegiatan seminar konsultasi publik dibuka Walikota Solok, Zul Elfian Umar, dihadiri Kepala Balitbang, Marwis,Tim ahli dari Unand Padang terdiri dari, Dr.Azmi Fendri.SH.Mkn, Dr.Yussi A.Manas.SH.MH, Yasniwati.SH.MH, LKAAM Kota Solok dan Bundo Kanduang serta peserta seminar.

Menyemangati seminar konsultasi publik ini, Sekretaris komisi II, Rusdi Saleh mengucapkan terimakasih dan apresiasi kepada pihak Pemerintah Daerah, yang telah menindaklanjuti rekomendasi DPRD sebagai pihak legislatif.

Sebagaimana diketahui, kegiatan ini dilaksanakan oleh Badan Penelitian dan Pengembangan Kota Solok bekerjasama dengan Fakultas Hukum Universitas Andalas (Unand) Padang.

Rusdi
Sekretaris komisi II,Rusdi Saleh memberikan sambutan seminar evaluasi Perda No.1 Tahun 2008 di Aula kantor Balitbang kota solok

Disebutkan, kajian evaluasi terhadap Perda etika merupakan tindak lanjut dari keputusan DPRD Kota Solok Nomor 5 Tahun 2020 tentang rekomendasi terhadap laporan keterangan pertanggungjawaban Walikota Solok tahun 2019 untuk melakukan evaluasi pelaksanaan Peraturan Daerah Nomor 1 tahun 2008 tentang etika Pemerintahan Daerah Kota Solok.

Rusdi Saleh menegaskan, pihaknya akan mendukung kegiatan – kegiatan yang sifatnya bertujuan untuk membangun Kota Solok.

Kegiatan yang akan menghasilkan sebuah evaluasi dan kajian dari Perda ini, nantinya juga dapat menjadi sebuah pertimbangan ataupun bahan acuan dalam pengambilan keputusan berikutnya.

” Semoga hal ini menjadi permulaan keberhasilan penyelenggaraan Pemerintahan Kota Solok dalam melahirkan Peraturan – Pertauran yang kompeten dan dibutuhkan oleh Daerah yang sama-sama kita cintai ini.”ucap Rusdi Saleh.

Terhadap harapan itu, Walikota Solok,Zul Elfian Umar menjelaskan, kajian evaluasi pelaksanaan Perda Etika sebagai respon Pemerintah Daerah untuk menindaklanjuti keputusan DPRR.

Disebutkan, seminar konsultasi publik ini merupakan rangkaian akhir dari kajian evaluasi kebijakan dari tahapan yang telah dilaksanakan sebelumnya.

” Secara umum kegiatan evaluasi merupakan suatu proses penilaian yang sistematis melalui pengumpulan, analisis dan interpretasi data serta informasi,” ujar Walikota Solok.

Menurut Zul Elfian, setiap kebijakan yang sudah diterapkan, harus memperoleh pengawasan supaya dapat dipertanggung-jawabkan.

Wujud pengawasan tersebut, berupa evaluasi kebijakan yang dapat dilaksanakan dalam kurun waktu atau periode berjalannya suatu kebijakan.

” Sasaran yang ingin dicapai melalui pelaksanaan kajian evaluasi Perda ini adalah memberikan rekomendasi kepada Pemerintah Daerah untuk menghasilkan kebijakan baru, perbaikan pelaksanaan kebijakan atau mencabut pelaksanaan Peraturan Daerah Nomor 1 tahun 2008 tentang etika Pemerintahan Daerah Kota Solok,” jelasnya.

Walikota Solok menambahkan, dalam melakukan kajian evaluasi, tim ahli dari Fakultas Hukum Universitas Andalas tentu sudah mengkaji dari semua aspek, baik aspek filosi, yuridis, dan sosial budaya, yang didukung dengan data untuk melakukan analisis.

Hasil kajian berupa rekomendasi yang nanti dipaparkan oleh tim ahli, kata Zul Elfian, tentu masih ada yang perlu disempurnakan.

Karena alasan itu, partisipasi dan sumbang saran serta masukan dari para peserta seminar sangatlah diharapkan untuk penyempurnaan hasil kajian.

” Semoga melalui kegiatan ini juga kita bersama dapat semangat baru dan ilmu baru dalam perumusan kebijakan daerah dalam hal ini perumusan sebuah peraturan daerah.”tutur Walikota Solok.

Reporter: Wahyu Haryadi

Facebook Comments

Artikel sebelumyaSembunyi di Pondok Kebun Sawit, Pelaku Narkoba Diringkus Petugas Polsek Tapung Hulu
Artikel berikutnyaPengedar Narkoba dan Barang Bukti 15 Paket Shabu Ditangkap Polisi