Dua Pasang Jalur Perseorangan Pilbup Limapuluh Kota Belum Penuhi Syarat Pencalonan

46
Pleno
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lima Puluh Kota melaksanakan rapat pleno terbuka rekapitulasi dukungan bakal pasangan calon pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumbar serta Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Lima Puluh Kota, Senin (20 Juli 2020).

ARRUSNews –  Dua pasang bakal calon (balon) perseorangan yang bakal mengikuti pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Limapuluh Kota, Maskar M. Dt. Pobo – Masril dan Ferizal Ridwan – Nurkhalis, harus memperbaiki syarat dukungannya untuk berlaga pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Desember 2020.

 

Dukungan dua bapaslon jalur perseorangan itu belum memenuhi syarat untuk mendaftar sebagai calon, karena jumlah dukungan yang dibutuhkan adalah sebanyak 22.539 dukungan.

Hal tersebut diketahui setelah Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lima Puluh Kota melaksanakan rapat pleno terbuka rekapitulasi dukungan bakal pasangan calon pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumbar serta Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Lima Puluh Kota, Senin (20 Juli 2020).

Ketua KPU Kabupaten Lima Puluh Kota, Masnijon mengatakan, hasil pleno terbuka yang dilakukan hari ini, Senin 20 Juli 2020, untuk bakal calon perseorangan bupati dan wakil bupati keduanya, kedua bapaslon tersebut harus melakukan perbaikan untuk memenuhi syarat dukungan.

Sesuai hasil pleno, kata dia, dukungan untuk Maskar M. Dt. Pobo – Masril yang dinyatakan Memenuhi Syarat (MS) adalah sebanyak 15.381. Sementara dukungan Ferizal Ridwan – Nurkhalis yang dinyatakan MS adalah sebanyak 16.400.

“ Adapun untuk bakal calon perseorangan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumbar, Fakhrizal – Genius Umar total dukungan yang dinyatakan MS adalah sebanyak 9.619,” sebut Masnijon.

Meski begitu, sesuai dengan PKPU, kedua pasangan itu masih bisa melakukan penambahan dukungan di masa perbaikan dengan jumlah dukungan yang harus diajukan adalah dua kali kebutuhan.

“Untuk pasangan Maskar M. Dt. Pobo – Masril jumlah dukungan yang harus mereka serahkan di masa perbaikan adalah sebanyak 14.316 (kebutuhan 7.158) dukungan dan pasangan Ferizal Ridwan – Nurkhalis sebanyak 12.278 (kebutuhan 6.139),” lanjut Masnijon.

Sesuai dengan PKPU, jadwal penyerahan dukungan di masa perbaikan adalah pada 25-27 Juli. Selanjutnya akan dilakukan kembali verifikasi administrasi oleh KPU pada 27 Juli sampai dengan 4 Agustus 2020.

“Setelah itu  akan  dilakuakn kembali verifikasi factual, seperti yang telah dilakukan sebelumnya. Untuk jadwalnya adalah 8 Agustus sampai dengan 16 Agustus,” pungkasnya.

Rapat pleno terbuka itu sendiri dihadiri oleh perwakilan pasangan calon, Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Lima Puluh Kota, dan perwakilan Polres. Hasil pleno juga diserahkan langsung kepada pihak-pihak terkait.

Reporter: Diko Rahmad

Facebook Comments

loading...