Dukung Rendang Mendunia, Rifo Darma Saputra: Potensi Rendang Diyakini Bangkitkan Perekonomian Sumbar

Rendang
Tokoh muda penggagas Gerakan Marmurkan Masjid dengan Sejuta Sajadah, Rifo darma Saputra peragakan rendang produksi kota Payakumbuh bersama Wakil Walikota setempat, Erwin Yunaz

ARRUSNews – Gebrakan Pemerintah Kota (Pemko) Payakumbuh dalam memproduksi dan sekaligus mempromosikan rendang ke berbagai konsumen di banyak negara dan Nusantara, dikagumi Tokoh muda Sumbar asal Kabupaten Solok, Rifo Darma Saputra.

Penggagas “Gerakan Memakmurkan Masjid dengan Satu Juta Sajadah” itu menyebutkan, potensi rendang diyakini mampu menggenjot ekonomi masyarakat Sumatera Barat, terutama para pelaku UMKM yang bergerak di sektor kuliner.

“ Geliat ini tentu saja harus didukung semua sektor, agar bagaimana rendang terus menjadi makanan terbaik dunia dan membuat UMKM bergairah,” kata Rifo Darma Saputra ketika bersilaturahmi dengan Wakil Wali Kota Payakumbuh, Erwin Yunaz, beberapa waktu lalu.

Rifo yang juga Ketua Umum Perkumpulan Muaro Paneh Jaya (PMPJ) itu mengatakan, potensi kuliner khas Minangkabau ini tidak saja mengharumkan nama Sumbar, namun juga bisa meningkatkan perekonomian masyarakat, terutama di tengah pandemi Covid-19.

Menurutnya,  kuliner khas Minangkabau  itu telah menjelma sebagai kosumsi  warga dunia. Bahkan, tahun 2017 silam, CNN merilis rendang sebagai juara pertama dari 50 ragam makanan terlezat di dunia.

“Jika pemerintah dan semua pihak memberikan dukungan, bukan tidak mungkin rendang bisa menjadi sektor ekonomi masyarakat Minang. Sebagian pelaku usaha di Payakambuh sudah memulainya. Semoga ini bisa menginspirasi masyarakat di daerah lain,” kata Rifo.

Seperti diketahui, Pemerintah Kota Payakumbuh resmi mengubah ikon Kota Payakumbuh, dari Kota Batiah menjadi Kota Randang. Perubahan “tagline” daerah ini diresmikan Wakil Wali Kota Payakumbuh, Erwin Yunaz saat perayaan HUT Payakumbuh ke-48 tahun 2018 lalu.

Sejak saat itu, Pemko Payakumbuh terus menggencarkan promosi rendang ke berbagai negara. Bahkan, Erwin Yunaz sendiri pernah mendemonstrasikan cara memasak rendang di depan ratusan pengunjung di Korea Selatan dalam sebuah ivent internasiolan yang dihadiri sekitar 150 ribu pengunjung di tahun 2019 silam.

Di tahun 2019 itu juga, Pemko Payakumbuh juga menyasar pasar  Arab Saudi. Promosi kuliner ini dilakukan dengan mengikuti pameran produk haji dan umrah di Komjen RI Jeddah, Saudi Arabia pada 24-26 Januari 2019 silam.

“Kami promosikan randang Payakumbuh, dan kami mendapatkan sambutan positif dari pengusaha setempat,” kata Erwin Yunaz kala itu.

Reporter: Zul Muncak

Editor    : Melatisan

Facebook Comments