Gencar Melawan Corona, Musrenbang Kab. Solok Jalan Juga

165
Bupati Solok Gusmal memberi arahan dalam Musrenbang RKPD di Arosuka
Bupati Solok Gusmal memberi arahan dalam Musrenbang RKPD di Arosuka

ARRUSNews Ditengah perjuangan melawan virus Corona, Pemerintah Kabupaten Solok tak lengah menjalankan roda pemerintahan dengan melakukan Muayawarah Rencana Pembangunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (Musrenbang RKPD) tahun 2021 di Aula kabtor Barenlitbang, Selasa (7/4).

Musrenbang yang dibuka Bupati Solok H.Gusmal,SE,MM, dihadiri Sekda Aswirman, SE, MM, Ketua DPRD Kab Solok Jon Firman Pandu, Ketua TP-PKK Kab Solok Ny.Desnadevi Gusmal, Wakil ketua DPRD Renaldo Gusmal, Kepala Barenlitbang Kab Solok Erizal, Kepala SKPD, Perwakilan BPS, Camat dan wali Nagari, Asosiasi Profesi dan Kelompok Masyarakat Kabupaten solok

Pada Musrenbang RKPD ini, Bupati Solok H. Gusmal sekaligus melakukan audiensi dengan Sekretaris Bappeda Provinsi Sumbar Detti K Putri melalui video Conference.

Kepala Barenlitbanng Kabupaten Solok Erizal menyampaikan, Rencana Kerja Pemerintah Daerah tahun 2021 merupakan RKPD tahun terakhir pelaksanaan RJPMD tahun 2016 – 2021. Berkaitan hal itu,  acuan dalam penyusunan RKPD tahun 2021 adalah evaluasi capaian kinerja tahun 2019 dan evaluasi Triwulan pertama tahun 2020.

Dalam penyusunan RKPD tahun 2021 dan sebelum rangkaian Musyawarah perencanaan pembangunan rencana kerja pemerintah daerah tahun 2021 dimulai, didahului dengan penyusunan Rancangan Awal Rencana kerja pemerintah daerah (RKPD).

Disaksikan Ketua DPRD Jon Firman Pandu, Bupati Solok Gusmal menandatangani rancana Musrenbang RKPD di Arosuka
Disaksikan Ketua DPRD Jon Firman Pandu, Bupati Solok Gusmal menandatangani rancana Musrenbang RKPD di Arosuka

Erizal menyampaikan, tema RKPD  tahun 2021 mengandung pengertian, bahwa pembangunan perekonomian daerah diarahkan pada optimalisasi dan integrasi belanja,  pembangunan baik bersumber dari belanja pemerintah, swasta dan masyarakat dalam mendorong peningkatan perekonomian masyarakat yang berdampak langsung dalam mengurangi angka kemiskinan dan pengangguran yang didukung sumber daya manusia yang berkualitas.

Sementara itu, Sekrtaris Bappeda Sumbar melalui video conference,  Dett K Putri menyebutkan, untuk menjamin terciptanya integrasi,sinkronisasi dan sinergi antar daerah, antar ruang, antar waktu dan antar fungsi pemerintah serta antar pusat dan daerah, perlu dilaksanakan proses sinkronisasi perencanaan antar pusat, provinsi dan kab/kota

“ Selain itu paradigma baru dalam perencanaan pembangunan, dimana seluruh proses perencanaan harus berdasarkan tematik, holistik,integratif dan spasial,” ujarnya.

Disebutkan, sasaran pembangunan daerah tahun 2021, yaitu tingkat kemiskinan 5,50 persen, pertumbuhan ekonomi 5,92 persen, tingkat pengangguran terbuka (TPT) 5,60 persen. Kemudian indek pembangunan manusia (IPM) 72,56, indeks Kualitas lingkungan hidup 69,43, indeks pembangunan gender (IPG) 95,08,  indeks pemberdayaan gender 62,42. Rasio Gini 0,327.

Terhadap itu, Ketua DPRD Jon Firman Pandu menyampaikan apresiasi kepada pemerintah kabupaten Solok yang masih bisa mewujudkan agenda Musrenbang walaupun dalam suasana pandemi Covid-19

Ia menilai pelaksanaan musrembang RKPD sudah berdasarkan mekanismi dan pelaksanaan yang matang, mulai dari tingkah nagari, kecamatan dan kabupaten.

“ Kita harap target dan visi misi dari bupati Solok dalam pembangunan daerah ini dapat tercapai dalam waktu yang masih tersisa,” paparnya.

Bupati Solok H. Gusmal mengungkapkan,  proses Musrembang tahunan diselenggarakan mulai dari tahap rembuk jorong, musrembang nagari,musrembang RKPD tingkat kecamatan, forum perangkat daerah sampai musrembang RKPD, memiliki peran strategis dalam penyusunan rencana kerja pemerintah daerah kabupaten solok ditahun berikutnya.

“ Kit berharap kegiatan ini dapat memberikan solusi atas beragam keterbatasan yang dimiliki dan mampu melahirkan perencanaan yang lebih strategis, sinergis dan tepat sasaran,” jelas Gusnal.

Kepala seluruh peserta Musrenbang, diminta sungguh-aungguh menjalankan amanah seluruh masyarakat kabupaten Solok. Melalui musrembang RKPD tahun 2021, semoga apa yang diamanatkan dapat diwujudkan dalam bentuk partisipasi aktif  bersama.

Reporter: Wezi Rismanto

Editor    : Melatisan

 

 

Facebook Comments

loading...