Hand Sanitizer Aroma Lemon Produksi Fateta Unand, Dibagikan Kepada Warga Terdampak Covid 19

213
jambi
Prof. Kesuma Sayuti menyerahkan bantuan hand sanitizer kepada pengurus Masjid An Nur, Kel. Mayang Mangurai, Kec. Alam Barajo di Kota Jambi

ARRUSNews –  Mewujudkan salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi bidang pengabdian kepada masyarakat, Jurusan Teknologi Hasil Pertanian (THP) Fakultas Teknologi Pertanian (FATETA) Universitas Andalas (UNAND) Padang melaksanakan kegiatan “Peduli Covid-19” dengan memproduksi dan mendistribusikan hand sanitizer ekstrak lemon kepada masyarakat.

Virus corona atau Covid-19 saat ini masih terus terjadi di Indonesia khusunya di Provinsi Sumatera Barat dengan korban yang terus meningkat. Berbagai protokol kesehatan telah dibuat oleh pemertintah yang harus dilakukan masyarakat agar terhindar dari virus yang mematikan ini. Salah satu cara yang diajurkan pemerintah adalah menjaga imunitas dan juga kebersihan tubuh serta lingkungan.

Kebersihan tangan merupakan salah satu yang harus jadi perhatian dengan cara sering mencuci tangan pakai sabun dan menggunakan cairan antiseptik. Hal ini bisa mencegah terjadinya penularan virus corona atau covid-19 dan efektif membunuh kuman. Penggunaan hand sanitizer yang meningkat dikalangan masyarakat menyebabkan terjadinya kelangkaan dan kenaikan harga hand sanitizer di pasaran.

Kepala Laboratorium Kimia dan Biokimia Hasil Pertanian (Lab. KBHP) Prof. Fauzan Azima menyampaikan  bahwa Lab. KBHP Jurusan THP FATETA UNAND Padang secara mandiri berinisiatif untuk memproduksi hand sanitizer yang dengan penambahan aroma lemon sebagai antiseptik dalam bentuk cair yang berfungsi menghambat atau memperlambat pertumbuhan mikroorganisme pada jaringan tubuh hidup. Cairan ini dipercaya bisa melindungi kita dari paparan virus corona atau covid-19. dan di formulasi oleh salah satu dosen Jurusan THP yaitu Daimon Syukri, S.Si, M.Si, Ph.D di Lab. KBHP yang merupakan salah satu dari lima laboratorium yang dimiliki oleh jurusan THP.

Puluhan liter HS liter dalam bentuk refill 1 liter dan spray 100 ml dan 35 ml telah diproduksi di Lab. KBHP dan telah didistribusikan”, ucap Prof. Fauzan. Adapun bahan-bahan yang dalam pembuatan HS menggunakan bahan-bahan yang telah direkomendasikan BPOM dari WHO yaitu etanol 96 persen, gliserol 98 persen, hidrogen peroksida 3 persen, dan air steril atau aquades serta penambahan ekstrak lemon.

“ Namun begitu, disarankan kepada masyarakat untuk menggunakan HS secara bijak. Penggunaan HS diharapkan tidak berlebihan karena dapat menimbulkan iritasi,” ujar Fauzan Azima, Sabtu (30/5).

puskesmas
Penyerahan bantuan hand sanitizer kepada Tenaga Kesehatan di Puskesmas Andalas Padang

Saat ini, Jurusan THP telah menyalurkan HS ke tenaga kesehatan, pengurus masjid, aparat pemerintahan, dan masyarakat yang rentan terpapar covid-19 yang tersebar di wilayah Kota Padang, Kab. Dharmasraya, Kota Jambi dan Kota Bogor. Pada masa penerapan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) dengan tetap menjaga physical dan social distancing maka sistim distribusi produk hand sanitizer produksi THP dilakukan dengan mengirimkan nya ke daerah domisili atau tempat tinggal dosen THP tinggal dan selanjutnya akan didistribusikan sesuai dengan protokol kesehatan di lokasi yang telah ditentukan. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat jursan THP ini dilaksanakan tgl 28 April – 18 Mei 2020.

Selaku Sekretaris Jurusan THP Dr. Ir. Rini, B, MS menyampaikan bahwa kegiatan pengabdian kepada masyarakat Jurusan THP melalui produksi hand sanitizer ini dapat membantu dalam pencegahan dan perlindungan kepada masyarakat dari paparan virus corona atau covid-19. Produk hand sanitizer yang diproduksi Lab. KBHP jurusan THP ini nantinya diharapkan dapat terus memproduksi HS dengan skala produksi yang lebih melalui bekerjasama dengan pihak lain yang peduli dengan Covid-19. Rini B menyampaikan disamping HS Lab. THP juga sudah memproduksi Permen Jahe yang merupakan hasil penelitian dosen dan mahasiswa THP. Permen dari tanaman herbal yang mengandung curcumin ini dianggap mampu menangkal virus Corona.

Ismed, M.Sc salah seorang dosen THP yang juga anggota tim PKM ‘Peduli Covid-19” ini menyampaikan bahwa adapun personil dan lokasi distribusi bantuan HS produksi THP pada program kegiatan pengabdian kepada masyarakat “THP Peduli Covid-19” ini adalah Prof. Fauzan Azima, Prof. Novizar Nazir, Prof. Tuty Anggraini, Dr. Rini B MP, Dr. Hasbullah, Aisman, M.Si, Diana Sylvi, M.Si, Ismed, M.Sc, Daimon Syukri, Ph.D, Cesar Welya Refdi, M.Si, Wellyalina, MP, Purnama Dini Hari, M.Sc di wilayah Kota Padang.

Distribusi bantuan hand sanitizer di kota padang diserahkan ke pengurus Mesjid Nurul Huda Simpang Piai Kec. Pauh Kota Padang, warga komplek PGRI TUI-Belimbing, Warga di Kel. Air Tawar Barat, tenaga kesehatan di Puskesmas Andalas Kec. Padang Timur, Ibu-ibu pengunjung warung di perumahan Unand Ulu Gadut, pengurus masjid Almunawarah Kel. Padang Besi Kec. Lubuk Kilangan.

Di wilayah Kab. Dharmasraya bantuan HS diserahkan kepada Aparat pemerintahan Nagari Sungai Kambut Kec. Pulau Punjung oleh Felga Zulfia Rasdiana, M.Si. Adapun untuk wilayah Kota Bogor diserahkan oleh Prof. Novelina dan Prof. Rina Yenrina kepada warga komplek perumahan bogor baru. Sedangkan Prof. Kesuma Sayuti menyerahkan bantuan HS kepada pengurus Masjid An Nur, Kel. Mayang Mangurai, Kec. Alam Barajo di Kota Jambi.

Reporter: Afrizal / Relis

.

Facebook Comments

loading...