Harus Sampai Sebelum Lebaran, Dinsos Solok Tembus Belantara Lubuak Tareh Antarkan Bantuan Warga Terdampak Covid 19

205
lubuak tareh
Sebelum masuk kawasan jorong Lubuak Tareh, tim Dinsos Kabupaten Solok bersama wali nagari Garabak Data istirahat di kawasan nagari Banai Dharmasraya

ARRUSNews – Dengan tekad harus sampai sebelum lebaran, bupati Solok diwakili Kepala Dinas Sosial menembus jalan tanah puluhan kilo meter untuk mengantarkan bantuan beras dan dana Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD) dari pemerintah pusat ke  jorong Lubuk Tareh nagari Garabak Data, kecamatan Tigo Lurah, Kamis Kamis (21/5).

Meski dibawah terik matahari dalam bulan puasa pula, rombongan Kadis Sosial bersama Camat Tigo Lurah, Wali nagari Garabak Data Pardinal bersama petugas TNI polri, kadang harus mendorong mobil sarat muatan beras akibat terjebak medan jalan penuh lumpur.

Namun dengan motivasi yang tinggi agar bagaimana bantuan bagi masyarakat terdampak pandemi Corona19 bisa disalurkan tepat waktu dan tepat sasaran, rombongan pemerintah Kabupaten Sokok itu akhirnya sampai persis menjelang berbuka tiba.

” Kita akhirnya berhasil masuk Lubuk Tareh. Untuk hal ini kita merasa lega. Tetapi yang kemudian mengganjal pikiran, karena akan menempuh jalan dengan medan yang sama untuk keluar lagi dari Lubuak Tareh,” papar Kadis Sosial Yandra.

jalan
menembus belantara kawasan jorong Lubuak Tareh

Untuk masuk dan keluar dari jorong Lubuak Tareh, diakui tidak mudah. Jika berangkat dari Solok, rombongan harus memutar jalan menuju Sijunjung dan Kabupaten Dharmasraya. Ketika masuk ke nagari Silago hingga Banai, kondisi jalan masih relatif bagus.

Menurut Wali Nagari Garabak Data Pardinal, yang susah itu transportasi dari Banai Dharmasraya ke jorong Lubuak Tareh. Harus melalui jalan tanah. Ada sejumlah titik yang sudah di semen, tetapi sudah rusak.

” Masyarakat untuk masuk dan keluar Lubuak Tareh Lubuak Tareh biasanya pakai kendaraan ojek ke Banai. Warga Lubuak Tareh kalau ingin berbelanja ke pasar di Banai atau Puluau Punjung,” jelasnya.

Terlepas dari balada masyarakat jorong Lubuak Tareh yang tak pernah jeda, namun bantuan beras yang didistribusikan Pemerintah Kabupaten Solok berikut penyerahan dana BLT DD, tentulah menjadi sesuatu yang sangat bermanfaat bagi 120 KK masyarakat setempat. ” Apalagi akan memasuki hari raya Idul Fitri, bantuan beras masing-masing 10 Kg dan uang BLT DD sebanyak Rp 600.000 per Keluarga, sangat berarti bagi masyarakat,” jelas Pardinal.

dinsos
Kepala Dinas Sosial Yandra bersama bersama tim sampai di perkampungan jorong Lubuak Tareh untuk mendistribusikan bantuan beras

Menurutnya, selama masa PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar), warga Lubuak Tareh melaksanakan himbauan tersebut guna memutus mata rantai penyeberan virus Corona.

Menyambut itu, Pemerintah Kabupaten Solok berkomitmen mendistribusikan bantuan sebelum lebaran tiba. Bantuan beras dan uang BLT DD sebanyak Rp 600.000 per Keluarga harus tepat sasaran pada warga yang betul-betul terdampak Covid 19 selama masa PSBB.

“ Kita berterimakasih kepada Pemerintah nagari Garabak Data serta Camat dan Forkompimcam Tigo Lurah yang bersinergi melakukan pendistribusian, termasuk dalam hal melakukan edukasi terhadap masyarakat tentang PSBB,” sebut Kadis Sosial Kabupaten Solok, Yandra.

 

Reporter: Aznul Hakim

Facebook Comments

loading...