Hasil Tes Swab 25 Orang warga Bukit Kanduang Solok, Negatif

617
Syofiar Syam
Syofiar Syam

ARRUSNews Hasil tes Swab sebanyak 25 orang warga nagari Bukit Kanduang kec. X Koto Diatas, Kabupaten Solok, yang dilakukan oleh laboratorium Fakultas kedokteran Unand Padang, dinyatakan negatif Covid-19.

Sebelumnya, ke 25 warga ini  memiliki riwayat kontak langsung dengan pasien EF (49) yang positif terinfeksi Covid-19.

“Alhamdulillah hasil Swab test terhadap 25 orang warga Bukit Kandung yang memiliki riwayat terkontak erat dengan pasien EF semuanya negatif,” kata Juru bicara gugus Tugas penanganan Covid-19 Kabupaten Solok Syofiar Syam, Minggu (17/05/2020).

Diketahui, EF terpapar Covid 19 karena pernah mengantar adik iparnya melahirkan di RSUD Padang Panjang tanggal 23 April 2020 lalu. Semenjak diambil tes swab tanggal 4 Mei 2020 yang lalu, untuk keluargnya sudah dilakukan isolasi Mandiri.

Tak ingin kecolongan, Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Solok  langsung melakukan tracing terhadap orang yang memiliki riwayat kontak erat dengan pasien EF, seperti Suami, anak dan keluarga lainnya. Sebanyak 25 orang diambil sampel untuk dilakukan swab test.

Sedangkan terhadap pasien EF, sampai saat ini masih melakukan isolasi mandiri di rumahnya. Isolasi ini dilakukan dibawah pengawasan ketat petugas kesehatan dari Puskesmas dan satgas efektif nagari. Pemantauan yang dilakukan tidak perhari, namun tiap saat, untuk melihat perkembangan kesehatan EF.

“Saat ini kami menunggu hasil swab test terhadap EF yang dilakukan sebanyak 2 kali. Tes pertama pada hari ke 7 perawatan dan test ke 2 pada hari ke 11. Jika pada kedua test tersebut hasilnya negatif, maka EF sudah dinyatakan sembuh dari Covid-19,” pungkasnya.

Reporter: Aznul Hakim

Editor   : Malin Marajo

Facebook Comments

loading...