Hebat, Puskesmas Batu Bajanjang Raih Top Inovasi Pelayanan Publik

Bajanjang
Tahap presentasi dan wawancara program wisi Puskesmas Batu Bajanjang, dilakukan langsung oleh Bupati Solok dihadapan Tim Panel indevenden melalui aplikasi zoom, tanggal 2 Juli 2021,

ARRRUSNews Dari sebuah kampung terkecil, dari sebuah instansi kesehatan terendah yang berada di Batu Bajanjang, tiba-tiba memberi inspirasi dan harapan besar untuk kemajuan daerah Kabupaten Solok.

Seperti paham dengan semangat Mambangkik Batang Tarandam yang dikobarkan kepala daerah, H. Epyardi Asda-Jon Firman Pandu,  Puskesmas Batu Bajanjang, Kecamatan Tigo Lurah, yang selama ini cenderung  terlupakan, sontak membuat perhatian Nasional beralih kesana.

Nun dibalik bebukitan nan hijau, tempat dimana segala risau bertumpuk, tenaga kesehatan Puskesmas dan masyarakat nagari Batu Bajanjang, mampu menghadirkan Wisi (Wisuda Imuninasi) meraih Top Inovasi  Pelayanan Publik Terpuji Klaster Kabupaten Tahun 2021.

Penilaian Top Inovasi  Pelayanan Publik ini, dilakukan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia. Kegiatan itu sendiri, bertujuan untuk memberikan penghargaan pengembangan inovasi pelayanan publik kepada Kementerian/Lembaga,Pemerintah Daerah,Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD). “

“ Alhamdulillan, disaat kita menggelorakan semangat Mambangkik Batang Tarandam untuk menjadi Kabupaten Terbaik di Sumatera Barat, Puskesmas Batu Banjanjang muncul sebagai  Top Inovasi  Pelayanan Publik Terpuji Klaster Kabupaten Tahun 2021. Ini sebuah awak yang baik,” sambut Bupati Epyardi Asda haru-biru.

Untuk menentukan TOP Inovasi pelayanan publik Terpuji tahun tahun 2021 ini,  Kemenpan RB sebelumnya sudah membentuk Tim Panel Independen (TPI) dan melakukan berbagai tahapan seleksi terhadap finalis.

Top Inovasi pelayanan publik tahun 2021 ini terdiri dari Top 99 Inovasi Pelayanan Publik, Top 15 Reflikasi Pelayanan Publik dan Top 15 kelompok khusus Inovasi Pelayanan publik tahun 2021

Guna menentukan Top Inovasi Pelayanan Publik Terpuji KIPP tahun 2021, terdiri Top 45 Inovasi Pelayanan Publik, Top 5 Reflikasi Pelayanan Publik dan 5 Pemenang Outstanding Achievement of Public  Service Innovation.

Dalam penilaian tersebut,  Kabupaten Solok sebelumnya dinobatkan sebagai Finalis Top Inovasi Pelayanan Publik tahun 2021 yang diwakili  UPTD Puskesmas Batubajanjang Kecamatan Tigo Lurah, yang mengangkat program Wisi (Wisuda Imunisasi).

“ Pada  tahap presentasi dan wawancara,  dilakukan langsung oleh bapak Bupati Solok dihadapan Tim Panel indevenden melalui aplikasi zoom, tanggal 2 Juli 2021,” papar Plh. Sekda Kab Solok Edisar.

Puncak dari penilaian tersebut,  setelah melalui berbagai proses tahapan seleksi oleh Tim Panel indevenden (TPI), Kabupaten Solok melalui UPTD Puskesmas Batubajanjang akhirnya berhasil mendapatkan TOP Inovasi  Pelayanan Publik Terpuji Klaster Kabupaten Tahun 2021. Keberhasilan itu tertuang dalam keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor  1024 Tahun 2021.

Menyambut itu, Bupati Solok H. Epyardi Asda praktis menyampaikan apresiasi dan mengucapkan selamat kepada Kepala Puskesmas dan  seluruh staf  dan peserta Wisi Puskesmas Batubajanjang. “ Semoga keberhasilan ini dapat terus dipertahankan, sekaligus menjadi motivasi dan insoirasi bagi  Puskesmas yang lain di Kabupaten Solok,” sambut Epyardi Asda.

Reporter: Ismardi

Editor    : Melatisan

 

Facebook Comments

Artikel sebelumyaLakukan Silaturahmi, STES Manna Wa Salwa Dirangkul Walikota Solok Wujudkan Ekonomi Syariah
Artikel berikutnyaSejumlah ASN Kab Solok Pensiun, Plh. Sekda Edisar Minta Silaturahmi Tetap Terjaga