Ikat Kerjasama dengan UMSB, Pemko Payakumbuh Tingkatkan Kualitas Pendidikan dan SDM

Kerjasama
Kerjasama Pemko Payakumbuh dengan UMSB ditandai dengan panandatanganan nota kesepakatan (Mou) antara Walikota Riza Falepi dengan Rektor UM Sumatera Barat Riki Saputra di Aula Randang Balai Kota Payakumbuh, Rabu (17 Maret 2021).

ARRUSNews – Kerjasama bidang pendidikan, penelitian dan pengembangan, pengabdian kepada masyarakat, serta peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang dibangun Pemeritah Kota (Pemko) Payakumbuh dengan Universitas Muhamadiyah Sumatera Barat (UMSB) diyakini menumbuhkan nilai tambah bagi perekonomian masyarakat.

 

Menyambut kerjasama tersebut, Walikota Payakumbuh Riza Falepi menandatangani nota kesepakatan (Mou)  dengan Rektor UM Sumatera Barat Riki Saputra  di Aula Randang Balai Kota Payakumbuh, Rabu (17 Maret 2021).

Menyambut kerjasama itu, Wali Kota Payakumbuh Riza Fepi mengatakan, kedepan Payakumbuh diyakini akan menjadi excellent center (pusat layanan unggulan-red) yang akan memberikan nilai tambah kepada Payakumbuh.

“Harapan kita, untuk tahap awal ini untuk mencerdaskan masyarakat Payakumbuh dulu yang mana di Payakumbuh ada Universitas yang menghadirkan pendidikan yang berkualitas,” kata Wako Riza Falepi

Dikatakan Riza Falepi,  untuk jangka panjang, pihaknya ingin seluruh universitas yang ada di Payakumbuh bisa memberikan nilai tambah yang luar biasa untuk Payakumbuh, karena selama ini yang dikembangkan itu nilai tambah secara konvensional.

Riza menyebut, Pemko Payakumbuh selalu mendukung seluruh program-program dari seluruh universitas yang ada di Payakumbuh, sebab secara tidak langsung telah memberikan kontribusi kepada Payakumbuh.

“Contohnya, dengan banyaknya, mahasiswa akan memberikan pertumbuhan ekonomi di Payakumbuh,” ucapnya.

Balaikota
Kantor Balaikota Payakumbuh (istimewa)

Wali Kota Payakumbuh dua periode itu menegaskan,  tidak hanya itu yang di kejar. Namun yang paling utama, Payakumbuh nantinya akan menjadi pusat-pusat riset berbagai bidang.

“ Dengan kegiatan itulah nantinya akan menghadirkan nilai tambah yang lebih di Payakumbuh,” terangnya.

Sementara itu, Rektor UM Sumatera Barat, Riki Saputra, mengatakan dengan kerjasama ini, pihaknya siap untuk bergandeng tangan dengan pemerintah setempat untuk menjalankan program-program untuk memajukan dunia pendidikan.

“Untuk itu kita tidak hanya bertengger di Fakultas Pertanian, tapi juga Fakultas Kedokteran yang saat ini sedang dibikin proposal karena disana banyak program studinya, serta program study lainnya,” ucapnya.

Dengan hadirnya Fakultas Kedokteran dan beragam program study, ulas Riki, secara tidak langsung akan melahirkan banyak mahasiswa yang berkuliah di Payakumbuh.

Kelak kegiatan kerjasama ini  akan cukup bagus, karena selain mencerdaskan masyarakat, dari sisi perspektif ekonominya akan meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat di Payakumbuh.

“Sesuai harapan Pak Wali , kampus UM Sumatera Barat akan memberikan pendidikan yang berkualitas untuk menghadirkan nilai tambah baru di Payakumbuh tentunya,” paparnya.

Reporter: Mardikola Tri Rahmad.

Facebook Comments