Instruksi Gubernur Sumbar: Bupati dan Wali Kota Kawal Proses Pemakaman Jenazah Covid-19

652
Irwan Prayitno
Gubernur Sumbar Irwan Prayitno (Foto: Istimewa)

ARRUSNews Menyikapi beberapa persoalan dalam pemakaman pasien positif covid-19, Gubernur Sumbar Irwan Prayitno mengeluarkan Instruksi kepada Bupati dan Walikota se Sumatera Barat tentang Tanggung Jawab Pemakaman Jenazah Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di Propinsi Sumatera Barat.

Dalam instruksi nomor: 360/035/COVID-19-SBR/IV-2020 tanggal 17 April 2020 itu, seluruh bupati dan wali kota  supaya mengawal proses pemakaman jenazah pasien positif terinfeksi Virus Corona (Covid-19) agar berjalan lancar tanpa ada penghalangan dari masyarakat.

Surat tersebut bertujuan untuk mengantisipasi adanya penolakan masyarakat terhadap pemakaman jenazah korban Covid-19. Dengan adanya instruksi dimaksud, Bupati dan Walikota telah mempunyai kepastian hukum untuk menindaklanjutinya.

Dalam surat itu tertulis, bahwa berdasarkan prosedur jenazah korban corona harus segera dimakamkan setelah disemayamkan maksimal 4 jam. Langkah tersebut sesuai dengan pedoman pencegahan dan pengendalian infeksi dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI.

“ Bupati dan wali kota bertanggungjawab menyelenggarakan pemakaman di mana pasien meninggal,” kata Jasman Rizal, Kepala Biro Humas Setda Prov Sumbar selaku Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Sumbar dalam rilisnya, Jumat (17/4)

Jika jenazah disepakati oleh keluarganya dibawa ke kampung halaman, maka bupati atau wali kota setempat bertanggungjawab agar penyelenggaraan jenazah kondusif dan berjalan lancar sesuai pedoman pengurusan jenazah Covid-19.

Lalu, kepala daerah juga diminta untuk memastikan penyelenggaraan jenazah berjalan lancar dan tidak ada penolakan dari masyarakat.

Kemudian, diharuskan juga untuk berkoordinasi dengan pihak kepolisian setempat, mengingat penolakan jenazah dapat diancam hukuman penjara sebagaimana diatur dalam UU nomor 4 tahun 1984 tentang wabah penyakit menular.

Reporter: Rudi Cader

Editor    : Melatisan

Facebook Comments

loading...