Jalin Kerjasama Dengan Pemkab Pessel, PN Painan Ingin Mudahkan Pelayanan Informasi

Kerjasama
Mengiringi kerjasama dengan Pemkab Pesisi Selatan, PN Painan launching aplikasi PN Painan Mobil yang ditandai dengan oemukulan gong oleh Ketua DPRD Pesisir Selatan, Ermizen, S.Pd

ARRUSNews – Guna mempermudah dan percepatan pelayanan, Pengadilan Negeri Painan menjalin kerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan.

Kerjasama dua lembaga ini diawali dengan penandatanganan nota kesepahaman  atau MoU  tentang penyediaan media informasi produk pelayanan pengadilan.

Penandatanganan nota kesepahaman kerjasama dilakukan Pj. Sekda, Luhur Budianda dalam kapasitasnya sebagai Bupati Pesisir Selatan dan Ketua Pengadilan Negeri (PN) Painan,  Muhamad Fauzan Haryadi, SH, MH, Rabu (15/9/2021),di ruang sidang utama pengadilan setempat.

Pada hari yang sama, sekaligus dilakukan penandatanganan MoU tentang penyediaan media informasi produk pelayanan pengadilan antara Pengadilan Negeri Painan, dengan Polres dan Kejaksaan Negeri Pesisir Selatan.

Mengiringi kerjasama tersebut, juga dilakukan launching aplikasi PN Painan Mobil oleh Ketua DPRD Pesisir Selatan, Ermizen, S.Pd, yang ditandai dengan memukulan gong.

Penandatanganan
Penandatanganan nota kesepahaman dilakukan Pj. Sekda, Luhur Budianda dalam kapasitasnya sebagai Bupati Pesisir Selatan dan Ketua PN Painan,  Muhamad Fauzan Haryadi, SH, MH, Rabu (15/9/2021)

Ketua PN Painan, Muhamad Fauzan Haryadi mengemukakan, aplikasi PN Painan Mobile merupakan layanan informasi berbasis android, yang memuat pelayanan informasi diantaranya, pendaftaran perkara perdata, jadwal sidang,  surat keterangan bebas pidana dan beberapa informasi layanan lainnya.

” Peyananan informasi melalui aplikasi PN Painan Mobile, dapat meringankan biaya serta memudahkan pencari keadilan untuk medapatkan pelayanan di PN. Karena masyarakat tidak  perlu lagi datang ke PN, cukup dengan menggunakan android,” kata Fauzan.

Menurutnya, adanya layanan informasi melalui aplikasi PN Painan Mobile sangat penting dan membantu masyarakat menginggat secara geografis Pesisir Selatan, wilayahnya memanjang dari utara ke selatan.

Sementara itu, Pj. Sekda Luhur Budianda mengatakan, dilakukan kerjasama ini menandakan bahwa seluruh instansi sudah sepakat untuk menwujudkan keterbukaan informasi dalam rangka membantu masyarakat dalam memperoleh informasi dan pelayanan.

” Kerjasama penyediaan media informasi produk pelayanan pengadilan, adalah dalam rangka mendekatkan pelayanan kepada masyarakat,” Luhur Budianda.

Dikatakan, pelayanan masyarakat dengan menggunakan aplikasi merupakan keniscayaan tidak hanya oleh pengadilan tapi juga bagi perangkat daerah.

Lebih lanjut, Pj sekda menginstruksikan agar Dinas Kominfo segera menindaklanjuti MoU ini dengan perjanjian kerjasama.

Hadir pada acara tersebut Ketua DPRD Pesisir Selatan, Ermizen, S.Pd, Kepala Dinas Komikasi Informatika, Junaidi serta undangan lainnya.

Reporter: Rnd

Facebook Comments

Artikel sebelumyaPonpes Nurul Iman Dharmasraya Kebakaran, Bangunan Kantin dan Lokal Hangus Menjadi Arang
Artikel berikutnyaMahmud Marzuki: Pejuang dari Kampar, yang Terus Diperjuangkan Sebagai Pahlawan Nasional