Kabupaten Solok Kembali ke Zona Hijau, Pasien Covid 19 Terakhir Sembuh

129
Covid-19
Syofiar Syam

ARRUSNews – Kabupaten Solok kembali menjadi Zona Hijau atau bebas Covid-19, menusul satu orang pasien positif Covid-19 asal kabupaten Solok yang sebelumnya menjalani perawatan di SPH Padang akhirnya dinyatakan sembuh.

Pasien perempuan asal nagari Surian Kecamatan Pantai Cermin tersebut dinyatakan sembuh, setelah hasil Swab yang dilakukan sebanyak dua kali di laboratorium kesehatan Unand menunjukkan hasil negatif. Perempuan 52 tahun tersebut merupakan istri dari pasien positif Covid-19 pertama asal Kabupaten Solok yang meninggal dunia pada 21 April 2020 lalu.

Juru Bicara Covid-19 Kabupaten Solok Syofiar Syam menyebutkan, dari 8 orang pasien positif covid-19 asal Kabupaten Solok, sebanyak 6 orang sudah dinyatakan sembuh dan pulang ke rumah masing-masing. Sedangkan 2 orang meninggal dunia.

“alhamdulillah, selain 2 orang yang sebelumnya meninggal dunia, 6 orang sudah dinyatakan sembuh dan pulang ke rumah. Kita berharap tidak ada lagi penambahan warga Kabupaten Solok yang dinyatakan positif terpapar Covid-19,” ujar Syofiar Syam di Arosuka, Kamis (11/6).

Selanjutnya berdasarkan update terakhir pukul 15.00 wib, Kamis (11/6), Jumlah ODP sebanyak 7 (tujuh) orang, PDP di Rawat sebanyak 1 (satu) orang dan PDP Isolasi Mandiri sebanyak 1 (satu) orang dan Pelaksanaan tes Swab sudah dilakukan kepada 322 (tiga ratus dua puluh dua) orang.

“Saat ini kita berada pada kondisi menuju Era Baru sesuai dengan Keputusan Gubernur Sumatera barat No. 180-378-2020 tentang Pelaksanaan Tatanan Normal Baru Produktif dan Aman COVID-19 (NEW NORMAL) di Propinsi Sumatera Barat,” ucap kabag Humas Setda kab. Solok ini.

Sedangkan untuk pelaksanaan di Kabupaten Solok, berpedoman pada PERBUP No. 25 Tahun 2020 tgl 3 Juni 2020 tentang Pedoman Pelaksanaan Pola Hidup Baru dalam rangka Penanganan dan Antisipasi Covid-19 di Kabupaten Solok dan juga sudah dilengkapi dengan Petunjuk Pelaksanaannya dalam bentuk Instruksi Bupati Solok.

Pihaknya sekaligus mengajak masyarakat untuk mematuhi Protokol Covid-19 dalam melaksanakan Kegiatan dan Aktivitas sehari-hari dengan selalu pakai masker, jaga jarak dan hindari kerumunan minimal 1 (satu) meter.

Jaga kebersihan tangan dengan sering cuci pakai sabun dan air mengalir, terapkan etika batuk dan bersin, menutup mulut dan hidung dengan lengan atas bagian dalam atau dengan tisu saat batuk dan bersin. “ Jangan lupa, jaga kesehatan dengan berjemur sinar matahari pagi, konsumsi makanan bergizi dan seimbang serta lakukan olah raga ringan,” tutupnya.

Reporter: Aznul Hakim

Editor    : Melatisan

Facebook Comments

loading...