Putus Rantai Penyebaran Covid 19, Pemkab Solok Dorong Koperindag Produksi Masker

127
Rakor lanjutan penanganan penyebaran virus Corona dipimpin Wakil Bupati Solok Yulfadri Nurdin, Senin (30/3).
Rakor lanjutan penanganan penyebaran virus Corona dipimpin Wakil Bupati Solok Yulfadri Nurdin, Senin (30/3).

ARRUSNews Pemenrintah Kabupaten Solok terus bergerak guna memutus rantai penyebaran corona virus disease (Covid-19) di daerah itu. Langkah nyata itu diungkap dalam rakor lanjutan yang dipimpin Wakil Bupati Solok Yulfadri Nurdin, Senin (30/3).

Dihadapan Yulfadri Nurdin, kepala Dinas Kesehatan, Maryeti mengungkapkan, untuk memenuhi kebutuhan alat kesehatan dan APD, pihaknya telah memasan sebanyak 200 unit APD. Diperkirakan dalam waktu 3 hari ke depan sudah sampai.

Sementara untuk kebutuhan masker, diakui belum ada yang bisa menyanggupi  kerena  memang ketersedian masker nasional sangat langka. Dins Kesehatan mengaku kesulitan mencari pengadaan masker dimaksud.

Disisi lain, sebagai tindak lanjut penanganan Covid 19 di Kabupaten Solok, petugas BPBD setempat terus disiagakan bersama Tim Gugus Tugas lainnnya  untuk memutus rantai penyebaran virus covid-19. BPBD juga menempatkan personil di posko-posko penanggulangan covid-19 di Kab Solok.

“  SK tanggap darurat yang akan berakhir  tanggal 5 April 2020, kita akan memperpanjang  selama 15 hari kedepan melalui SK Perpanjangan. Kita akan sesuaikan dengan intuksi  bupati kepala daerah,” papar Kepala BPBD Kab. Solok, Armen AP

Kesiapan yang sama juga disampaikan Kepala Dinas Perhubungan dan Kepala Dinas Pariwisata. Para petugas dilapangan, teruma mereka yang berjaga di Posko perbatasan wilayah, mengharapkan adanya kelengkapan APD dan masker.
Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Yandra, memastikan pihaknya telah menurunkan  relawan dan tagana ke setiap posko untuk membantu penanganan covid-19 ini.

Bersamaan, Dinas Sosial juga  melakukan penyemprotan disinfektan di berbagai tempat, terutama di masjid dan fasilitas umum lainya.

“ Untuk bantuan pangan kami bekerja sama dengan  Bulog dan ketahanan pangan guna  menyiapkan bantuan pangan bagi warga yang terkena dampak covid-19,” papar Yandra.

Senada, Kepala Bulog Solok dihadapan Wakil Bupati Yulfadri Nurdin, Sekda Aswirman, Asisten Koordinator(Askor) Bidang Pemerintahan Edisar, Askor  Bidang Eksbangkesra Medison dan Askor Bidang Administrasi Sonny Sondra menyampaikan, stok pangan pada bulog tersedia sebanyak 516 ton. Namun demikian, pihaknya masih bisa meminta penambahan bila dibutuhkan.

Ketersedian beras di bulog, kata dia,  merupakan cadangan beras pemerintah  yang dibiayai  APBN dan itu bisa diambil kapan saja.

“ Saat ini  tersedia  100 ton untuk penyaluran satu tahun. Kami juga sudah menyiapkan personil yang bertugas di gudang bila sewaktu waktu dibutuhkan,” tegasnya.

Menyikapi itu, Wakil Bupati Solok Yulfadri Nurdin mengharapkan adanya penambahan pemesanan APD, yang semula dipesan 200,  untuk didata kembali berapa yang dibutuhkan, kemudian dilaporkan dalam rapat TAPD untuk dilakukan penambahan anggara

Ditegaskan, semua kegiatan yamg ada di posko kecamatan harus dilaporkan ke posko kabupaten. Apa saja yang dikerjakan harus jelas dan seluruh informasi yang masuk harus update setiap saat.

“ Diharapkan kepada dinas koperindag  melalui UMKM untuk membuat dan memproduksi masker mandiri yang sesuai standar untuk membantu kekurangan masker,” tutur Yulfadri

Wabup berharap segala persoalan yang ada di posko harus cepat dicarikan solusinya untuk masalah  mata anggaran akan menjadi tanggung jawab BKD dan BPBD.

“ Untuk dasar dari kegiatan ini sudah ada surat dari Kementrian Sosial dan Gubernur Sumatera Barat guna  membagikan bantuan pangan bagi warga yang terdampak covid-19. Kuota sebanyak15persen dari DTKS (Data Terpadu Kesejahteraan  Sosial), maka Kabupaten Solok memperoleh bantuan pangan untuk 29.685 ribu jiwa,” jelasnya.

Terkait dengan Pos Komando (POsko) Covid-19, di Kabupaten Solok terdiri dari Posko Utama yang berada di Ruang Danau di Bawah, kemudian Posko Perbatasan di Nagari Kacang Kec. X Koto Singkarak dan Kec. Sei Lasi, serta Posko Kecamatan yang berada di masing-masing Kecamatan.

Reporter: Wezi Rismanto

Editor   : Melatisan

Facebook Comments

loading...