Kiat Damkar Kota Payakumbuh Dicintai Warga, Ini yang Dilakukan

Payakumbuh
Petugas Pemadam Kebakaran Kota Payakumbuh menangkap binatang Biawak yang masuk ke perumahan warga

ARRUSNews – Petugas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Payakumbuh  tidak hanya melayani kejadian kebakaran, tetapi penanganan hewan berbisa dan hewan berbahaya lainnya juga dilakukan guna penyelamatan jiwa masyarakat.

 

Seperti pengaduan yang disampaikan Riski ke posko pemadam Kota Payakumbuh , tentang adanya seekor Biawak berukuran besar  masuk ke dalam rumah warga Labuah Baru itu, petugas Pemadam Kebakaran langsung menyikapinya dengan  membantu melakukan evakuasi binatang tersebut, Rabu (17 Maret 2021).

Terkait itu, Kasatpol PP dan Damkar Devitra melalui Kabid Damkar Budy Kurniawan menjelaskan, laporan warga Payakumbuh langsung ditanggapi dengan mengirimkan personil untuk melakukan evakuasi biawak tersebut.

Dengan mengikuti prosedural pengamanan seperti pengecekan lokasi, mengamankan area, dan mempersiapkan peralatan,  sesampai di lokasi personil  Damkar Kota Payakumbuh tidak memerlukan waktu yang lama untuk melakukan  evakuasi.

“Alhamdulillah kami selalu siap siaga menerima laporan dari masyarakat,” kata Budy Kurniawan didampingi Kasi Sapras Doni Bahtiar dan Plh Kasi Ops dan Danru Indra Jaya

Disampaikan, informasi yang diperoleh dari warga,  Biawak besar tersebut sudah terlihat sejak pagi subuh melintas dari area persawahan. Mungkin karena habitatnya terganggu, sehingga binatang tersebut sulit mencari makan hingga keluar sampai ke rumah warga.

Sementara itu, Riski pemilik rumah sangat berterima kasih dan mengapresiasi atas respon cepat personil damkar yang langsung datang dengan adanya laporan masyarakat.

Damkar
Petugas Damkar memperagakan cara memadamkan api kepada anak usia sekolah di Posko Damkar Payakumbuh

Aktif Sosialisasi ke Anak Usia Dini

Selain misi penyelamatan, Damkar Kota Payakumbuh juga aktif melakukan edukasi kepada masyarakat. Bahkan kepada anak usia dini,  juga dilakukan agar pemahaman tentang kebencanaan dapat tersosialisasilan dengan baik.

Menurut Kasatpol PP dan Damkar Devitra, pihaknya selain langsung datang ke sekolah-sekolah, juga sudah ada ratusan anak-anak TK dan sekolah PAUD sejenis yang mengunjungi posko Damkar untuk diberikan sosialisasi yang merupakan salah satu tupoksi Damkar.

Diantaranya yang telah berkunjung,  TK Nurul Huda dan Paud Kembang Dahlia Kelurahan Sawahpadang, Aua Kunaing pada Selasa (16 Maret 2021 ) dan TK Nusa Indah Nan Kodok, Kelurahan Tigo Koto Dibaruah pada Rabu (16 Maret 2021).

“Baik guru dan anak didik kami beri pemahaman dan simulasi penanganan kebakaran. Kepada anak-anak dijelaskan bahaya bermain api, sementara itu kepada guru dijelaskan bagaimana evakuasi saat bencana terjadi,” kata Devitra.

Devitra menambahkan, jika masyarakat butuh bantuan penyelamatan dari binatang liar dan binatang berbisa misalnya, atau evakuasi sarang tawon, ular, biawak dan sebagainya, dapat menghubungi quick respon damkar di nomor 0752 92913.

Reporter: Mardikola Tri Rahmad

Facebook Comments