KONI Kabupaten Limapuluh Kota Buka Pendaftaran Calon Ketua, Ini Syaratnya

Kabupaten
Menjelang Musorkab, KONI Kabupaten Limapuluh Kota membuka pendaftaran di Sekretariat KONI setempat

ARRUSNews – Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Lima Puluh Kota, Sumatera Barat, mulai membuka pendaftaran bagi calon Ketua Umum periode 2021-2025.

Pembukaan pendaftaran dilakukan setelah Jadwal dan persiapan teknis  penyelenggaraan Musyawarah Olahraga Kabupaten (Musorkab) KONI Kabupaten Lima Puluh Kota pada Rabu, tanggal 17 Maret 2021 mendatang.

Ketua Organizing Commitee (OC) Musorkab KONI Limapuluh Kota, Budi Febriandi memastikan, segala persiapan untuk pelaksanaan Musorkab telah rampung.

“Berdasarkan hasil keputusan rapat OC, Musorkab akan kita laksanakan di Aula Kantor Bupati di Sarilamak, tanggal 17 Maret 2021 mendatang” papar BudiFebriandi, Kamis (11 Maret 2021).

Dijelaskan,  pendaftaran calon Ketua Umum KONI LImapuluh Kota, sesuai tahapannya,  sudah mulai dibuka hari ini, Kamis, 11 Maret sampai 15 Maret 2021. Penerimaan berkas pendaftaran bagi calon ketua umum dibuka sepanjang jam kerja pukul 08.00 – 17.00 WIB, bertempat di Kantor Sekretariat KONI Limapuluh Kota.

Panitia, juga telah menyebar surat pemberitahuan ke seluruh cabang olahraga, termasuk menyampaikan undangan ke pengurus KONI Provinsi Sumatera Barat.

KONI
Pendaftaran Calon Ketum KONI Limapuluh Kota di mulai Kamis hingga Senin (11-15 Maret 2021)

Dalam Musorkab KONI 2021 ini, ulas Ketua OC, pihaknya akan menyampaikan pemberitahuan kepada stakeholder olahraga.

“Tentunya dalam penyelenggaraan Musorkab ini, kita juga minta dukungan dan support dari pemerintah daerah, DPRD, unsur Forkopimda para tokoh serta seluruh unsur masyarakat. Tekad kita bagaimana proses Musorkab KONI 2021 ini bisa berjalan sukses dan lancar,” sebutnya.

Sementara itu, Ketua Umum KONI 50 Kota yang juga Ketua Steering Commitee (SC) Musorkab, Davis Emha menjelaskan, pihaknya juga sudah menyusun metode pelaksanaan serta draft tata-tertib pemilihan. Dirinya meyakini, proses Musorkab pemilihan ketua umum KONI akan berjalan secara musyawarah dan demokratis.

Berdasarkan Tatib pemilihan Ketua Umum KONI, terdapat beberapa syarat dan kriteria bagi pendaftar calon ketua umum KONI Lima Puluh Kota. Diantaranya, sebagai berikut:  warga Negara Republik Indonesia, bertakwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa dan setia Kepada Pancasila, UUD 1945 dan KNRI.

Kemudian usia paling rendah 30 tahun yang dibuktikan dengan identitas KTP, pendidikan minimal SLTA atau sederajat, berdomisili di Kabupaten Lima Puluh Kota atau Kota Payakumbuh.

Selanjutnya, Calon Ketum KONI tidak terkait dengan jabatan struktural dan jabatan publik TNI, Polri, ASN/PNS,  tidak rangkap jabatan sesuai Anggaran Dasar KONI pasal 22, pernah menjadi pengurus KONI atau pengurus cabang olahraga, mendapatkan dukungan tertulis dari Pengurus Kabupaten (Pengkab) Cabor minimal 10 Cabang Olahraga, mempunyai kemampuan manajerial, pengabdian dan waktu yang cukup untuk mengelola organisasi olahraga (agar melampirkan dokumen pendukung), serta mampu menjadi pengayom dan menjadi pemersatu semua unsur masyarakat olahraga.

Mempunyai visi yang luas dalam membina olahraga prestasi, mampu menjalin kerjasama dengan badan-badan usaha dan instansi usaha dan instansi terkait menunjang pembina olahraga, serta mampu menggalang kerjasama dengan badan-badan keolahragaan tigkat regional dan dunia.

Membuat surat pernyataan bermaterai Rp10.000 yang menegaskan surat pernyataan kesediaan untuk mencalonkan diri sebagai Ketua Umum KONI masa bakti 2021-2025, surat pernyataan kesediaan menyampaikan Visi dan Misi sebagai calon Ketua Umum KONI Kabupaten Lima Puluh Kota masa bakti 2021-2025.

Surat pernyataan tidak terikat jabatan publik, struktural, ASN, surat pernyataan mematuhi, menaati, dan menjalankan AD-ART KONI, surat pernyataan siap mundur dari Jabatan rangkap, dan urat pernyataan kesediaan dan kesiapan waktu sebagai Ketua Umum KONI.

Surat pernyataan juga melampirkan riwayat hidup, fotokopy Kartu Tanda Penduduk (KTP).

Selaku Ketua Umum KONI Limapuluh Kota periode 2018-2021 yang sudah hampir habis masa jabatannya tahun ini, Davis berharap siapa pun calon ketua umum KONI yang terpilih nantinya dapat melanjutkan program kerja yang sudah dibuat oleh pengurus sebelumnya. Termasuk memperbaiki apa saja yang menjadi kekurangan selama ini.

“Terpenting mampu mengayomi serta menjalankan kendali organisasi untuk pembinaan prestasi seluruh cabang olahraga. Harapan kita, orang-orang yang menjadi ketua umum KONI selanjutnya, adalah orang yang sudah memiliki rekam jejak atau telah lama berkecimpung mengurus cabang olahraga,” harap Davis Emha.

Reporter: Mardikola Tri Rahmadi/Rel**

 

Facebook Comments