Kunjungi Bukit Gompong, Gubernur Sumbar Mahyeldi Dorong Petani Tanam Jagung

Mahyeldi
Gubernur Sumbar Mahyeldi serahkan sertifikat pertanian organik ketika mengunjungi Kelompok Tani Bukit Gompong Sejahtera, nagari Koto Gadang Guguak,  Kecamatan Gunung Talang, Kabupaten Solok, Sabtu (13 Maret 2021).

ARRUSNews – Gubernur Sumatera Barat ( Sumbar ) Mahyeldi Ansharullah, mendorong masyarakat yang tergabung dalam kelompok tani untuk menanam komoditi Jagung.

 

Dorongan menanam Jagung dilakukan Gubernur Mahyeldi, karena  kebutuhan masyarakat Sumatera Barat terhadap Jagung sedikitnya mencapai 600 ton perhari.

“ Tidak tidak hanya untuk kosumsi masyarakat, komoditi Jagung juga dapat digunakan untuk pakan ternak,” kata Gubernur Sumbar Mahyeldi.

Pernyataan itu disampaikan Gubernur Sumbar ketika mengunjungi Kelompok Tani Bukit Gompong Sejahtera, nagari Koto Gadang Guguak,  Kecamatan Gunung Talang, Kabupaten Solok, Sabtu (13 Maret 2021).

Asisten
Didampingi Asisten Ekbangkesra Setda Kabupaten Solok, Medison, Gubernur Sumbar Mahyeldi kunjungi Keltan Bukit Gompong Sejahtera di Koto Gadang Guguak, Sabtu (13 Maret 2021)

Gubernur Sumbar Mahyeldi yang hadir di Kabupaten Solok bersama Angoota DPR RI Daerah Pemilihan (Dapil) Sumbar Dr. Hermanto, SE, MM dalam kegiatan Penyerahan Sertifikat Organik  sebagai bagian dari program 100  kerja Gubernur Sumatera Barat Periode 2021-2024, disambut hangat Bupati Solok diwakili Asisten Koordinator  Ekbangkesra Medison, S. Sos, M. Si,  Wali Nagari Koto Gadang  Carles Camra, Camat Gunung Talang Drs. Misran, MM, serta Forkopimda daerah itu.

Disampaikan Gubernur Sumbar, upaya menjaga stabilitas harga produksi pertanian juga penting, sehingga petani di Sumbar tetap memiliki semangat dalam menanam tanaman organic.

Disamping sektor Pertaniani, Mahyeldi juga menyinggung  sektor UMKM agar selalu melakukan pergerakan dan perbaikan, sehingga ekonomi masyarakat dalam bidang pertanian dapat meningkat.

“ Karena masyarakat Sumatera Barat kebanyakan bekerja pada sektor pertanian, maka ke depan kita harus serius  mendukung masyarakat dalam bidang pertanian. Kita juga minta agar BUMN dan BUMD untuk mengkosumsi produk organik dari masyarakat sendiri,” papar Gubernur.

Gubernur
Gubernur Sumbar Mahyeldi disambut dengan tari pasambahan di Bukit Gompong Koto Gadang Guguak, Sabtu (13 Maret 2021)

Ditegaskan, untuk memberi kepastian kepada masyarakat, Pemerintah Provinsi Sumatera Barat dan pemerintah daerah sangat serius dalam menjalankan program pertanian organik.

“ karena itu kita meminta agar seluruh pegawai di Provinsi Sumbar harus mengkomsumsi produk-produk organik yang berasal dari Sumatera Barat. Artinya, kita yang mengkomsumsi dan kita sebarkan ke daerah-daerah lain,” tegas Mahyeldi.

Pada kesempatan, Gubernur Sumbar sekaligus menyampaikan terima kasih kepada para petani milenial dan berjanji akan menghadirkan 100 ribu lebih milenial enterpreuner di Sumatera Barat.

Ide itu disampaikan, karena para milenial akan menjadi pemimpin pada masa yang akan datang, dan harus serius  memperhatikan dan memberikan motivasi, arahan dan dukungan kepada para milenial hari ini.

Menyambut komitmen Gubernur Sumbar itu, Asisten Ekbangkesra Medison mengaku sangat  tersanjung karena  dalam agenda 100 hari kerja Gubernur Sumatera Barat, telah mengunjungi Kabupaten Solok dalam rangka penyerahan beberapa penghargaan untuk kelompok tani organik.

Disampaikan, Kabupaten Solok merupakan salah satu sentral pertanian organik, yang dikembangkan kelompok tani Bukit Gompong Sejahtera dalam area  sekitar 32 hektar.

Data dari BPS, ulas Medison, Kabupaten Solok memiliki keunggulan dalam sektor pertanian, dimana nilai PDRB lebih kurang 38,4 persen sektor pertanian untuk pertanian kabupaten solok.

“ Kunjungan bapak Gubernur hari ini sangat relevan dengan kondisi Kabupaten Solok hari ini. Selain karena Kabupaten Solok sesuai dengan visi misi Gubernur, dalam bidang pertanian kita memiliki beberapa persoalan pada aspek pemasaran produk organik. Semoga ini kita dapat menyelasaikan permasalahan ini dan mencari solusinya,” beber Medison sembari menyampaikan Pemerintah daerah dan masyarakat Kabupaten Solok siap  mensukseskan program Gubernur Sumatera Barat.

Sertifikat
Gubernur Sumbar Mahyeldi serahkan Sertifikat Pertanian Organik kepada  Operator Organik se Sumatera Barat,

Menandai kunjungannya ke Bukit Gompong, Kabupaten Solok,  Gubernur Mahyeldi berkenan menyerahkan Sertifikat Pertanian Organik kepada  Operator Organik se Sumatera Barat, diantaranya operator Lugu’s Tea ( Kab. Solok) Bukik Gompong Organik Garden ( Kab. Solok ), Alnajmi Organik ( Kab Solok ), Kelompok Tani Simpang Tigo ( Kab. Padang Pariaman ), Organik Mandiri ( Kab. Tanah Datar ), Kel. Tani Lurah Sepakat ( Kab. Agam ),  Keynara Organik ( Kab. Agam ), Kel. Tani Sehati ( Kab. Lima Puluh Kota ), Keltan Tuah Sakato ( Kab. Lima Puluh Kota ), Kel. Tani Lembuti II ( Kota Padang Panjang ) dan  Rosemery Organik ( Kota Padang Panjang).

Reporter: Ismardi

 

 

Facebook Comments