Langkah Cepat Pemkab Solok Antisipasi Corona, Tembat Ibadah Disemprot Desinfektan

296
Bupati Solok H. Gusmal bersama Kapolres dan jajaran Pemkab Solok melakukan penyemprotan desinfektan di mashid Arosuka menjelang pelaksanaan ibadah Jumat, (21/3). Upaya penyemprotan ini sebelumnya juga telah dilakukan di tempat ibadah berbeda
Bupati Solok H. Gusmal bersama Kapolres dan jajaran Pemkab Solok melakukan penyemprotan desinfektan di mashid Arosuka menjelang pelaksanaan ibadah Jumat, (21/3). Upaya penyemprotan ini sebelumnya juga telah dilakukan di tempat ibadah berbeda

ARRUSNews – Langkah antisipatif Pemerintah Kabupaten Solok dalam mengatipasi ancaman virus Corona semakin nyata. Kesiapsiagaan itu tampak dari usaha melakukan penyemprotan cairan desinfektan di sejumlah masjid di daerah itu, Kamis dan JUmat Jumat (19-20/3)

Malah dalam rapat lanjutan bupati Solok bersama Forkompimda dan Kepala SPKD serta Organisasi Sosial terkait penanganan penyakit infeksi Coronavirus Desease atau COVID-19, Bupati Solok H. Gusmal menegaskan, untuk keselamatan bersama,  mulai Sabtu (21 Maret 2020) anak sekolah akan di rumahkan  (home learning), tetapi masih dalam pengawasan orang tua dan guru untuk tetap belajar dalam rangka mempersiapkan mengikuti ujian.

” Selama 14 hari, siswa akan dirumahkan mulai tanggal 21 Maret 2020 sampai 2 April 2020. Kepada guru agar memberikan tugas kepada siswa selama dirumahkan,” sebutnya.

Untuk pegawai negeri non guru, pihaknya belum bisa laksanakan kerja di rumah, karena fasilitas masih belum menunjang.  “Jika semua aktivitas dilakukan dirumah, maka hal tersebut akan berdampak pada lumpuhnya kegiatan perekonomian daerah kita,” ujar Bupati Solok.

Gusmal sekaligus mengingatkan, jangan ada masyarakat yang terlalu khawatir dengan isu-isu adanya pasien yang suspect atau ODP (Orang Dalam Pengawasan) di daerah Kabupaten Solok. Ia juga mengingatkan masyarakat,  agar jangan ada yang menyebarkan informasi hoax terkait dengan covid-19 ini.

” Kita minta pihak sekolah dapat menjelaskan kepada para wali murid agar selalu melakukan pengawasan terhadap siswa selama dirumah, agar tidak ada yang melakukan kegiatan diluar rumah atau di keramaian,” tuturnya.

Pemerintah Kabupapten Solok juga akan melakukan pemantauan dan evaluasi terhadap kebijakan merumahkan siswa ini terhadap kegiatan home learning, apakah efektif atau tidak.

Disisi laib, Gusmal menginformasikan agar tetap melaksanakan ibadah seperti biasanya di masjid-masjid. Dirinya meminta MUI dan Kemenag serta pihak terkait lainnya untuk mengevaluasi  berbagai kegiatan keagamaan di masjid dan di lingkungan masyarakat.

” Namun untuk pelaksanaan seluruh MTQ tingkat kecamatan se Kab. Solok akan di tunda hingga waktu yang belum ditentukan,” jelasnya.

Terkait isu pelaksanaan tarwih di rumah, Bupati Solok berharap tetap dilaksanakan di masjid dengan tetap menjaga kebersihan diri dan lingkungan serta sarana prasarana masjid. Menjaga kebersihan itu bisa dilakukan dengan membawa sajadah dan perlengkapan shalat sendiri dari rumah.

Pemerintah Kabupaten Solok dipastikan masih akan terus melakukan berbagai cara dalam mengantisipasi penularan covid-19 ini. Karena itu, bagi masyarakat yang kurang sehat agar dapat segera melakukan pemeriksaan diri ke rumah sakit atau dokter, dan dapat melakukan isolasi diri di rumah untuk sementara waktu.

Begitu pentingnya kesiapsiagaan terhadap dampak viris corona, bupati Gusmal meminta seluruh organisasi yang ada di Kab. Solok agar dapat menunda berbagai kegiatan yang menghadirkan banyak orang,  guna meminimalisir penyebaran covid-19.

Jajaran kepolisian, Pol PP dan beberapa unsur lainnya agar selalu melakukan pengawasan terhadap tempat-tempat umum yang akan menjadi tempat berkumpulnya anak-anak muda / anak sekolah, sehingga saat mereka dirumahkan tidak ada yang keluyuran

Kebijakan yang diambil bupati Solok dalam melakukan kesiapsiagaan terhadap penularan virus Corona, didukung penuh oleh unsur dab elemen masyarakat. Bersama bupati H. Gusmal, selesai rapat kembali dilanjilutkan kegiatan penyemprotan untuk kedua kalinya.

Penyemprotan desinfektan ini juga diikuti Kapolres Solok, Sekda dan ketua PMI serta jajaran Dinkes bersama tim gugus tugas percepatan penanggulangan bahaya virus Corona.

Reporter: Wezi Rismanto

Editor    : Melatisan

 

Facebook Comments

loading...