Lapas Padang Ambil Langkah Sigap Upaya Antisipasi Pasca Terbakarnya Lapas Kelas I Tangerang

Langkah
Kepala Kesatuan Pengamanan Lapas Bagus Dwi Siswandono, Kepala Sub Bagian Tata Usaha Novri Abbas beserta seluruh jajaran melakukan langkah penertiban instalasi listrik pada seluruh blok hunian, tempat ibadah dan gedung perkantoran Lapas Kelas IIA Padang pada Rabu (8/9/2021) pagi. (Foto: istimewa)

ARRUSNewsLangkah  sigap upaya antisipasi kejadian langsung dilakukan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Padang  dengan melakukan penertiban instalasi listrik pada seluruh blok hunian, tempat ibadah dan gedung perkantoran, pasca terjadinya musibah kebakaran di Lapas Kelas I Tangerang, Banten dini hari Rabu (8/9/2021).  

Langkah antisipasi itu dilakukan sebagai tindak lanjut dari Surat Edaran Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Barat No: W3.OT. 02.02-229 tanggal 8 September 2021 perihal Pencegahan dan Penanggulangan Keadaan Darurat dan Bencana pada UPT Pemasyarakatan.

“Kita meminta seluruh jajaran pemasyarakatan khususnya yang ada di Lapas dan Rutan di Sumbar, agar melakukan langkah pencegahan dan penanggulangan sesuai Keputusan Dirjenpas Nomor: PAS-57.OT.02.02 Tahun 2019, membentuk Tim Siaga berasal dari Regu Pengamanan yang diberi peningkatan kapasitas untuk melakukan patroli rutin ke seluruh area Lapas/ rutan baik dari dalam maupun luar bersamaan dengan patroli rutin harian sebagai upaya pencegahan dan penanggulangan keadaan darurat dan bencana, serta atensi untuk melakukan koordinasi dengan instansi keamanan dan penanggulangan bencana setempat,” tegas Kakanwil.

Lapas
Pemeriksaan aliran listrik dan potensi lainnya di Lapas Kelas IIA Padang, Rabu (8/9/2021)(Foto: istimewa)

Terkait edaran Kakanwil itu, Kalapas Kelas IIA Padang, Era Wiharto menyatakan, salah satu langkah tanggap jajaran Lapas Kelas IIA Padang adalah dengan melakukan kegiatan penertiban yang merupakan upaya deteksi dini, cegah terjadinya hal serupa seperti yang baru saja dialami oleh Lapas Kelas I Tangerang.

Disebutkan, musibah kebakaran  itu memberikan pelajaran  untuk lebih teliti dan waspada  terhadap hal-hal yang berpotensi menimbulkan gangguan keamanan dan ketertiban di dalam lapas.

“ Ke depan, kita akan melakukan upaya-upaya lain, seperti yang telah ditekankan oleh Kakanwil R.Andika, sehingga pengawasan dan pengamanan harus semakin diperketat guna cegah hal-hal yang tidak kita inginkan terjadi,” jelas Kalapas Era Wiharto, dalam keterangan tertulisnya  dilansir dari Covesia.com, Rabu (8/9/2021).

Dalam penertiban tersebut, pihak Lapas sendiri melakukan ke 24 kamar hunian, 2 rumah tempat ibadah dan 9 ruang perkantoran pagi ini, petugas setidaknya menyita belasan terminal colokan beserta kabel-kabel sudah tidak layak pakai yang berpotensi menimbulkan korsleting listrik.

“Seluruh blok hunian dan ruang perkantoran serta rumah ibadah sudah dilakukan penertiban instalasi listrik. Untuk instalasi yang tidak layak dan tidak seharusnya juga telah dilakukan penyitaan. Semoga Lapas Kelas IIA Padang senantiasa dalam keadaan aman dan kondusif,” ucap Kasubag TU Novri Abbas usai melakukan giat penertiban.

Sumber : covesia.com

Facebook Comments

Artikel sebelumyaBupati Eka Putra Himbau ASN dan Warga Salurkan Zakat ke Baznas
Artikel berikutnyaEmpat Pelaku Narkoba Disikat Tim Opsnal Satresnarkoba Polres Kampar di Wilayah Tapung