Lisda Hendrajoni Serahkan Bantuan Penguatan Keserasian Sosial Sebesar Rp 150 Juta

35
Lisda Hendrajoni
Anggota DPR RI Lisda Hendrajoni didampingi sejumlah pejabat terkait menyerahkan bantuan program Penguatan Keserasian Sosial secara simbolis kepada Ketua Forum Pessel Peduli Sosial (FPPS) Rolef Leogustri, S.Pd, di Gedung Serba Guna Pasar Kuok Batangkapas, Selasa (8 September 2020)

ARRUSNews – Anggota DPR RI Lisda Hendrajoni, menyerahkan bantuan sebesar Rp 150 juta untuk program Penguatan Keserasian Sosial, di Kecamatan Batangkapas, Kabupaten Pesisir Selatan, Selasa (8 September 2020).

 

Pada kesempatan,  Lisda Hendrajoni yang merupakan anggota Komisi VIII dari Fraksi NasDem itu, sekaligus mengelar
dialog tematik di Gedung Serba Guna Pasar Kuok Batangkapas, yang diikuti ratusan peserta dari kalangan generasi muda, bersama narasumber, Elfa Yanti, SIP, CPS.,M.Si.

Lisda Hendrajoni, dalam sambutannya mengatakan, generasi muda diharapkan mampu menjadi motor keserasian sosial, agar terhindar dari perpecahan antar kelompok, sehingga kesetaraan sosial dapat terwujud di masing-masing nagari.

“Ya, keserasian sosial dapat tercapai jika generasi muda dapat bersatu. Sebab, mereka adalah penerus bangsa. Mereka memiliki semangat persatuan dan kesatuan yang tinggi untuk menyelaraskan kebinekaan,” katanya.

Srikandi NasDem ini menilai, gesekan yang timbul di tengah-tengah masyarakat bisa menjadi konflik sosial. Namun, seharusnya dapat diselesaikan bersama generasi muda yang cendrung memiliki pikiran positif kedepan.

“Jika para pemuda memberikan kontribusi positif untuk pembangunan dan kemajuan daerah, maka gesekan dan konflik sosial bisa dihindari sesuai visi yang sama. Sebab, argumen dapat terbantahkan dengan pemikiran jernih dengan konsep persatuan oleh generasi muda,” ujarnya.

Lisda berpesan, agar program yang digagas oleh Forum Pessel Peduli Sosial (FPPS) bersama Kementerian Sosial tersebut, dapat berjalan dengan baik. Ia berharap bantuan yang disalurkan dapat dimanfaatkan untuk mempersatukan para pemuda dengan kegiatan positif, demi mewujudkan keserasian sosial.

Sementara itu, Ketua FPPS Rolef Leogustri, S.Pd, mengucapkan terimakasih kepada Lisda Hendrajoni selaku Anggota DPR RI yang telah berkontribusi besar dalam kegiatan tersebut. Sebab, pertamakalinya membawa pokok pikirannya (Pokir) ke Kecamatan Batang Kapas, Kabupaten Pesisir Selatan.

“Alhamdulillah, kami mengucapkan rasa terima kasih pada Bunda Lisda karena telah ikut memperhatikan para generasi muda khususnya di Kecamatan Batang Kapas. Nanti bantuan ini bakal kami manfaatkan untuk kegiatan positif pemuda, seperti dialog tematik tahap dua, outbond, rehab lapangan volly, posko pemuda pada dua nagari, dan pembangunan tugu keserasian sosial,” katanya pada wartawan.

Selain itu, agar program tersebut sukses dilaksanakan sesuai petunjuk teknis Kementerian Sosial. Menurutnya, Forum Pessel Peduli Sosial (FPPS) sudah memenuhi syarat sebagai penggiat sosial yang aktif berkiprah di tengah-tengah masyarakat.

“Program ini bakal dilaksanakan rentang waktu Agustus-Desember 2020, dan sudah di verifikasi oleh Kementerian Sosial RI, pada 4 Juli 2020 melalui meeting zoom bersama Dinas Sosial Kabupaten Pessel,” tuturnya.

Melalui program Penguatan Keserasian Sosial, ia berharap dalam penyelesaian konflik sosial perlu dilakukan secara berkelanjutan dengan cara memberikan edukasi yang terukur serta pendekatan yang persuasif.

“Apalagi konflik di nagari sudah menahun, sudah saatnya bersama generasi muda menyentuh akar permasalahannya, dengan harapan agar tidak terjadi lagi di masa depan. Dengan perkembangan teknologi dewasa ini, mampu merubah mindset masyarakat akan pentingnya hidup rukun dan damai,” ucapnya.

Penyerahan bantuan saat itu, langsung dihadiri oleh Kepala Dinas Sosial Kabupaten Pesisir Selatan, Zulfian Aprianto, Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimca), tokoh masyarakat dan Bamus. Adapun nagari penerima manfaat saat itu adalah, Nagari Tuik dan Nagari Teratak Tempatih, Kecamatan Batangkapas.

Reporter: Okis Rockin

Facebook Comments

loading...