Lognsor Aie Dingin, Dua Rumah Terseret, Jalan Padang -Muaro Labuh Tersumbat

1510
longsor
Longsor di jorong Cubadak nagari Aia Dingin kec. Lembah Gumanti kabupaten Solok, Sabtu (18/4), membuat rumah warga terseret dan memutus akses Padang - Solok Selatan. (Istimewa)

ARRUSNews – Longsor kembali melanda nagari Aie Dingin, Kecamatan Lembah Gumanti, Kabupaten Solok.  Akibat hujan lebat yang  terjadi sepanjang Sabtu, longsor yang membawa material tanah dan pasir menimbum ruas jalan utama Padang Muaro Labuah di kawasan  di Jorong Cubadak, Sabtu (18/4) malam.

Selain menutup  jalan utama menuju Kabupaten kabupaten Solok Selatan, longsor juga menyeret dua unit rumah warga setempat..

Informasi yang diperoleh menyebutkan, hujan deras yang terus mengguyur membuat warga mulai waspada sejak sore. Apalagi, di atas  bukit tersebut terdapat tambang pasir galian C yang sewaktu-waktu bisa saja meluncur ke bawah.

Khekawatiran warga terbukti  sekira pukul 21.00 Wib. Tanah di sekitar lokasi terasa bergetar dan bukit yang sebelumnya menjadi lokasi aktivitas tambang galian C merembet longsoran ke arah jalan lintas Alahan Panjang-Muara Labuh.

“ Panjang losongsan ada sekitar 15 meter. Selain  menutup jalan  Padang -Muara Labuh, juga menyeret 2 unit rumah penduduk,” kata Camat Lembah Gumanti Zaitul Ikhlas melalui telephon selulernya, Minggu (19/4).

Longsor
Longsor di jorong Cubadak nagari Aia Dingin kec. Lembah Gumanti kabupaten Solok, Sabtu (18/4), membuat rumah warga terseret dan memutus akses Padang – Solok Selatan.-

Zaitul Ikhlas menyebutkan, meski tak ada korban jiwa dalam musibah itu, namun diperkirakan akses utama antara Kabupaten Solok dengan Solok Selatan akan terputus selama beberapa hari kedepan. Pasalnya, longsor tak hanya menutup akses jalan, tetapi  badan jalan juga  ikut terban.

“Kalau untuk memindahkan material longsor saja, saat ini mesin alat berat dai Balai Jalan Provinsi Sumbar sudah bekerja. Namun yang mungkin akan butuh waktu adalah pengerjaan badan jalan yang ikut terban akibat longsor tersebut,”bebernya.

Selain itu, kata dia, akses jaringan listrik warga juga ikut terputus. Setidaknya 2 tiang listrik ikut terseret longsor. “Saat ini kami tengah berkoordinasi dengan dinas PUPR Kab. Solok dan BPBD untuk penanggulangan sementara,” Kata Camat Zaitul Ihklas.

Reporter: Malin Marajo

Editor     : Melatisan

 

Facebook Comments

loading...