Memasuki Tahapan Pemutakhiran Data Pemilih, KPU Kabupaten Solok Gelar Gerakan Klik Serentak

90
KPU
Memasuki tahapan pemutakhiran data pemilih, KPU Kabupaten Solok gelar lounching Gerakan Memilih Serentak, Rabu (15 Juli 2020)

ARRUSNews– Memasuki tahapan pemutakhiran data pemilihan umum tahun 2020 secara Nasional , KPU Kabupaten Solok juga melaksanakan kegiatan serupa yang ditandai dengan lounching Gerakan Klik Serentak, Rabu (15/7).

Mengiringi Gerakan Klik Serentak itu,  ketua KPU Ir. Gadis M. Si mengharapkan semua warga juga melakukan hal yang sama, apakah warga yang memiliki KTP Kabupaten Solok yang sudah punya hak pilih terdaftar dalam data pemilih Kabupaten Solok. “ Mulai hari ini, tanggal 15 Juli sampai 13 Agustus mendatang, akan dilakukan pemutakhiran oleh PPS yang dibantu oleh Panitia Pemutakhiran Data Pemilih (P2DP),” ungkap Gadis.

Kegiatan pemutakhiran data ini, menurut Ketua KPU Kabupaten Solok, merupakan lanjutan dari tahapan sebelumnya hingga dilakukan pula lounching gerakan nagari sadar memilih yang telah dilaksanakan.

Dihadapan sejumlah Anggota DPRD Sumbar, Ketua Bawaslu, para Camat dan Wali Nagari se Kabupaten Solok, Organisasi Masyarakat dan organisa politik dan Wartawan, Ketua KPU sekaligus menyampaikan jumlah pemilih Kabupaten Solok yang disampaikan Dirjend Dukcapil Kemendagari kepada KPU RI, diteruskan kepada KPU Provinsi dan KPU Kabupaten/Kota.

Untuk melakukan pemutakhiran data tersebut, pihaknya dibantu sebanyak 959 P2DP (Panitia Pemutakhiran Data Pemilih) yang telah siap melaksanakan tugas pemutakhira data pemilih di lapangan. “ Kami dari KPU bersama Bawaslu berharap agar semua mendukung tahapan pemutakhiran data ini dan P2Dp nanti akan selalu berkordinasi dengan wali nagari dan kepala jorong setempat, “ tutur Gadis.

Menurut Gadis, hasil kegiatan hari ini sampai tanggal 13 Agustus nanti, akan menentukan kualitas data pemilih dalam Pemilihan Gubernur-Wakil Gubernur Sumbar dan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Solok nanti.

Disisi lain, Gadis juga menginformasikan kegiatan verifikasi factual terhadap pasangan calon perseorangan sudah dilakukan dari tanggal 29 Juni sampai 12 Juli. “ Mulai tanggal 16 Juli sampai 18 Juli akan dilakukan rekapitulasi hasil verifikasi factual ditingkat kecamatan. Kemudian rekapitulasi di KPU Kabupaten Solok dilaksanakan tanggal 20 Juli nanti, “ jelasnya.

Menyusul louncing Gerakan Klik Serentak tersebut, Komisionir KPU Jons Manedi sekaligus mensosialisasikan praktik klik serentak dengan memandu peserta menuju website KPU RI untuk menchek data pemilih masing-masing.

Reporter: Aznul Hakim

Editor    : Melatisan

Facebook Comments

loading...