Meski Positif Covid 19 Tidak Bertambah, Gugus Tugas Limapuluh Kota Tetap Melakukan Pengambilan Sampel Swab di Kecamatan Pangkalan

158
Swab
Pengambilan Swab (Ilustrasi/net)

ARRUSNews Meski tidak ada terjadi penambahan kasus terkonfirmasi Positif  Covid 19 di Kabupaten Limapuluh Kota, namun tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 daerah itu tetap bekerja keras melakukan tracking (penelusuran), terutama pasca seorang Pasien Dalam Pengawasan (PDP) yang dirawat dan meninggal dunia di Kabupaten Pesisir Selatan dan dikebumikan di Nagari Harau.

Terkait itu,  Petugas Dinas Kesehatan Kabupaten Limapuluh Kota telah melakukan penelusuran kontak (Contact Tracing), baik kontak erat, dekat maupun sosial sesuai dengan pedoman dan protokol penanganan yang berlaku.

“ Sampai saat ini (Selasa-red),  secara akumulatif  tercatat 9 orang positif Covid 19, dimana 1  orang dinyatakan sembuh. Kemudian ada 8 orang kontak erat yang diisolasi secara mandiri sebelum dilakukan pengambilan sampel swab, “ ungkap Kepala Dinas Kominfo selaku Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kab.Lima Puluh Kota, Fery Chofa, SH, LL.M, dalam relisnya yang diterima Selasa (18/5).

Sementara itu,  di Kecamatan Pangkalan, hari ini telah dilakukan pengambilan sampel swab sebanyak 30  orang  dari kontak erat, dekat dan sosial dari 3  kasus terkonfirmasi positif sebelumnya yang berdomisili di Manggilang maupun sekitarnya. Pengambilan sampel dilakukan oleh Analis Pengambil Swab Dinas Kesehatan dari berbagai puskesmas.

Sesuai penjelasan Depi Peringki, Kepala Puskesmas Pangkalan, ulas Fery Chofa, besok (Rabu-red) akan dilakukan kembali pengambilan sampel swab terhadap sebanyak 40 orang lagi di Kecamatan Pangkalan.

Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kab.Lima Puluh Kota, Fery Chofa sekaligus menjelaskan kegiatan Gugus Tugas lainnya, berupa penyerahan Bantuan Langsung Tunai Dana Desasecara simbolis  di nagari Tanjuang Haro, Sikabu-kabu Kecamatan Luhak.

Kemudian Penyemprotan Desinfektan pasar Simalanggang dan penyerahan bantuan sembako kepada keluarga kasus konfirmasi positif 09.

“ Semua kegiatan dipimpin langsung oleh Bupati Lima Puluh Kota, Irfendi Arbi selaku Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid19 Kabupaten Lima Puluh Kota,” jelas Fery Chofa.

Dikatakan, Bupati Limapuluh Kota terus menghimbau  dan mengajak masyarakat untuk selalu mematuhi aturan dengan lebih banyak beraktivitas di rumah saja, jaga jarak interaksi dimanapun berada, memakai masker bila keluar rumah dan hidup sehat serta sering cuci tangan. “ Insha Allah, BLT APBD Kabupaten juga akan mulai diserahkan dalam minggu ini juga,” paparnya.

Reporter: Diko Rahmad/Relis

 

 

 

Facebook Comments

loading...