Peduli Bencana, Yayasan Darianis Yatim Bantu PMI Kota Solok

Yayasan
Ketua Harian Yayasan Darianis Yatim Rusdi Saleh serahkan bantuan operasional kepada Sekretaris PMI Kota Solok, Ronni D Danil, di Markas PPMI Kota Solok, Jalan Syech Kukut,Kelurahan Tanjung Paku.

 ARRUSNews – Yayasan Darianis Yatim menyalurkan bantuan operasional untuk relawan Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Solok, Rabu (13 Januari 2021).

 

Penyerahan bantuan dalam bentuk  uang tunai tersebut dilakukan langsung oleh Ketua Harian Yayasan Darianis Yatim Rusdi Saleh kepada Sekretaris PMI Kota Solok, Ronni D Danil, di Markas PPMI Kota Solok, Jalan Syech Kukut,Kelurahan Tanjung Paku.

Bantuan dimaksud  sebagai bentuk kepedulian dan apresiasi terhadap kerja sosial yang dilakukan oleh relawan PMI dalam mengevakuasi atau tanggap dalam bencana banjir yang melanda Kota dan Kabupaten Solok selasa lalu.

Ketua Harian Yayasan Darianis Yatim (YDY) yang juga merupakan anggota DPRD Kota Solok Rusdi Saleh menyampaikan rasa prihatinnya terhadap bencana banjir yang datang begitu cepat pada selasa dini hari, sehingga banyak masyarakat  yang berada di kawasan rendah dan dibantaran  sungai Batang Lembang  dibuat panik untuk menyelamatkan diri.

Mengingat itu, Rusdi Saleh  melanjutkan, Yayasan Darianis Yatim langsung memberikan bantuan  sesuai kebutuhan masyarakat yang di evakuasi. Bantuan  juga diberikan kepada petugas maupun relawan yang mengevakuasi korban banjir.

“ Kita menilai yang menjadi korban banjir merupakan saudara – saudara kita juga. Sebaiknya sekarang yang kita fikirkan apa yang bisa kita perbuat untuk mereka yang menjadi korban banjir,” jelasnya.

Ia berpendapat, berikan apa yang bisa diberikan kepada warga terdampak banjir maupun para relawan. Bantuan bisa  donasi dalam bentuk uang. Jika  tak punya uang lebih, bantuan  bisa berupa tenaga seperti membantu mengevakuasi, bantuan pakaian, bahkan bisa berupa doa saja.

“ Mudahan bencana ini tidak akan terulang lagi. Kita harapkan masyarakat selalu berhati-hati dan mengingat saat ini masih di masa pandemi covid-19. Kami himbau  tetap mematuhi protokol kesehatan.” kata Rusdi Saleh.

Menyambut itu, Sekretaris PMI Kota Solok, Ronni D Daniel menyampaikan terima kasih yang tak terhingga kepada Yayasan Darianis Yatim yang telah memberikan bantuan kepada masyarakat yang terkena banjir, khususnya kepada petugas kemanusian.

Sebagaimana diketahui,  banjir bandang yang merendam sebagian besar wilayah Solok Raya (Kabupaten Solok, Kota Solok, dan Kabupaten Solok Selatan) pada Selasa (12 Januari  2021) dini hari,  akibat meluapnya aliran sungai Batang Lembang menyusul tingginya curah hujan.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) mencatat, di Kabupaten Solok banjir mulai merendam rumah warga Selasa dini hari (12/1/2021) sekitar jam 01.30 WIB. Setidaknya banjir merendam dua kecamatan di daerah itu. Yaitu, Kecamatan Bukit Sundi dan Kubung.

Sedangkan di Kota Solok, banjir mulai memasuki permukiman warga pada Senin malam sekitar pukul 23.30 WIB. Di daerah ini banjir merendam sembilan kelurahan di Kecamatan Lubuak Sikarah dan Tanjung Harapan. Sementara itu di Kabupaten Solok Selatan, banjir terjadi jam 01.30 WIB. Banjir merendam rumah warga di Kecamatan Sangir Balai Janggo dan Kecamatan Sungai Pagu.

Banjir ini terjadi setelah beberapa sungai besar di daerah tersebut meluap akibat hujan dengan intensitas tinggi dan lama. Di Kota Solok dan Kabupaten Solok, banjir melanda akibat luapan Batang Lembang dan Batang Gawan.

“ PMI Kota Solok selain mendonorkan darah,  juga ikut membantu setiap ada bencana dan selalu turun kelapangan untuk meringankan beban saudara – saudara kita yang membutuhkan. Kita juga ikut menyalurkan bantuan kepada masyarakat yang terkena musibah,” kata Ronni.

Reporter: Rudi Cader

 

Facebook Comments

Artikel sebelumyaPemkab Pessel Persiapkan Pilwana Serentak bagi 31 Nagari
Artikel berikutnyaDihadiri Sejumlah Wakil Rakyat, Masjid Al Muhsinin Kota Solok Diresmikan