Pelantikan Ketua PAC Pemuda Pancasila Payung Sekaki Meriah dan Banjir Apresiasi

Pemuda Pancasila
Ketua MPC Pemuda Pancasila kabupaten Solok Lamud Wijaya menyerahkan pataka kepada Gushirman menandai pelantikan sebagai ketua PAC PP Payung Sekaki, Minggu (21 Maret 2021)

Arrusnews–Gushirman dilantik sebagai ketua Pimpinan Anak Cabang (PAC) Pemuda Pancasila (PP) Kecamatan Payung Sekaki, Kabupaten Solok di Gedung serba guna nagari Sirukam, Minggu (21 Maret 2021).

Pelantikan tersebut berlangsung meriah, bahkan panitia menjamu undangan yang hadir dengan menyembelih seekor kambing.

“Semua biaya yang ditimbulkan oleh pelaksanaan kegiatan ini ditanggung oleh donatur tunggal, Ketua PAC Payung Sekaki. Jadi panitia tidak perlu mencari sumbangan kepada yang lain,” kata ketua pelaksana Nilwan Aljufri.

Pelantikan itu dihadiri oleh Ketua MPC PP Kabupaten Solok Lamut Wijaya bersama jajaran pengurus, Camat Payung Sekaki Irwan Efendi, Wali Nagari Sirukam Romi Febriandi, ketua Srikandi MPC PP Kabupaten Solok Endra Ningsih, ketua Satuan Pelajar Mahasiswa (Sapma) Arif, dan para kader PP serta dimeriahkan oleh Musisi reage asal Jakarta Acakadut.

Menyemangati pelantikan Wali Nagari Sirukam Romi Febriandi mengapresiasi kiprah kader PP dalam membantu masyarakat selama ini. Menurutnya, para kader pemuda pancasila dikenal aktif dalam berbagai kegiatan di nagari tersebut.

“Tak bisa dipungkiri, para anggota PP memang aktif dalam berbagai kegiatan sosial di nagari. Semuanya dilakukan secara sukarela,” ucap Wali Nagari Sirukam.

Senada dengan itu, Camat Payung Sekaki Irwan Efendi menyebutkan, Pemuda Pancasila selama ini selalu hadir tanpa pamrih dalam membantu masyarkat. PP menurutnya tidak pernah mengeluh saat turun ke lapangan.

“Kesan bahwa PP tampil gagah untuk menakuti orang selama ini terbantahkan. Hari ini, PP tampil gagah dalam membantu masyarakat. Mereka tidak pernah mengeluh, minta rokok dan makan kepada kami. Kami salut dengan semangat kekeluargaan dan persaudaraan yang terbangun di antara anggota PP,” kata Camat.

Atas alasan itu, pihaknya bahkan siap memfasilitasi Pemuda Pancasila dalam membuka peluang ekonomi dalam kegiatan wirausaha, agar ormas ini lebih mandiri. Menurutnya, PP harus sejahtera dalam hal ekonomi, agar kegiatan membantu masyarakat tidak terganggu karena urusan dapur yang tidak selesai.

“Ini harus kita pikirkan bersama, agar PP tak lagi membantu masyarakat melalui kantong pribadinya, namun bagaimana para kader Pemuda Pancasila punya usaha sendiri yang dikelola oleh organisasi sehingga mampu menjadi penggerak organisasi itu sendiri,” kata Irwan.

Pemuda Pancasila
KaderPemuda Pancasila kabupaten Solok bersama camat Payung sekaki dan Wali Nagari Sirukam

Sementara itu ketua MPC PP Kabupaten Solok Lamud Wijaya mengungkapkan, apa yang dilakukan oleh kader PP di Payung Sekaki ini bukanlah hal yang baru. PP di Paski (Payung Sekaki) merupakan PAC yang paling aktif dan kerap membuat gebrakan dalam banyak kegiatan.

Para kader PP kata Lamud,  memang dituntut untuk tidak pernah mengeluh, karena semangat Mahatidana yang melekat pada tubuh kader PP, yang berarti berjuang, berbuat dan beramal dengan sungguh-sungguh tanpa pamrih.

“Kami menitipkan kepada pemerintah kecamatan dan nagari untuk memberi peluang dan ruang kepada pemuda pancasila di daerah ini untuk aktif pada berbagai kegiatan sosial kemasyarakatan dan pembangunan,” ucapnya.

Terkecuali itu, Lamud menegaskan pada Pilkada 2020 kemaren memang ormas PP menentukan sikap arah kepada salah satu kandidat. Hal itu merupakan instruksi dari Majelis Pimpinan Nasional (MPN), agar PP di daerah punya sikap dan arah politik yang jelas dan tidak menjadi “pemain”.

Atas alasan itu, apapun hasil pilkada nantinya, ia menegaskan bahwa MPC PP Kabupaten Solok akan tetap berdiri. Hal ini kata dia merupakan bantahan terhadap adanya isu yang berkembang bahwa PP Kabupaten Solok akan dibubarkan dan pengurusnya akan diganti.

“Jika ada yang menganalogikan kami seperti sampah silahkan. Namun ingat, sampah bisa menjadi virus yang mematikan. Tapi apabila dimanfaatkan secara baik, bisa juga menjadi pupuk organik yang menyuburkan tanaman,” tegasnya.

Pemuda Pancasila
penyematan tanda anggota PP kepada wali Nagari Sirukam

 

Usai penyerahan pataka Pemuda Pancasila dari ketua MPC PP kabupaten Solok kepada Ketua PAC PP Payung Sekaki, pada kesempatan itu, juga dilakukan penyematan tanda anggota kepada wali nagari Sirukam Romi Febriandi.

“Saat ini Anggota PP di Kabupaten Solok sudah lebih dari 2000 orang. Pengurus MPC saat ini sedang melakukan verifikasi terhadap kartu keanggotaan yang ada sesuai dengan instruksi dari MPN,” katanya menyudahi.

Reporter: Ismardi

Facebook Comments