Pemkab Solok Evaluasi Recofusing Anggaran Untuk Penanganan Penceham Covid 19

123
rapat
Bupati Solok H. Gusmal pimpin rapat evaluasi realokasi dan refocusing anggaran pemerintah kabupaten Solok , Jumat (15/5)

ARRUSNews-– Pemerintah Kabupaten Solok, Sumatera Barat melakukan refocusing anggaran percepatan penanggulangan COVID-19. Anggaran hasil refocusing dialokasikan untuk penanganan tiga sektor, yaitu kesehatan, dampak ekonomi, dan jaring pengaman sosial dalam pandemi Covid-19.

Bupati Solok H. Gusmal dalam rapat evaluasi realokasi  dan refocusing anggaran pemerintah kabupaten Solok  mengatakan, pandemi covid 19 sangat berdampak pada perubahan APBD tahun 2020, sehingga pihaknya tidak lagi memfokuskan pada pencapaian target RPJMD 2020.

” Anggaran yang dapat direalokasi adalah kegiatan yang secara umum kurang prioritas, dana yang masih diblokir, dana yang belum ditenderkan serta kegiatan yang dibatalkan karena situasi berubah seperti saat covid ini,” katanya.

Rapat evaluasi  realokasi  dan refocusing anggaran pemerintah kabupaten Solok itu diikuti Sekda Aswirman, Asisten Koor Administrasi Sony Sondra, Asisten Koor Ekbangkesra (Medison, Kepala SKPD dan Camat se Kab. Solok, Jum’at (15/5) di Guest House Arosuka

Menurut Gusmal, recofusing dilakukan untuk menindaklanjuti SKB Mendagri dan Menkeu tanggal 9 April 2020 tentang percepatan penyesuaian APBD tahun 2020 dalam rangka penanganan Covid-19 serta pengamanan daya beli masyarakat dan perekonomian nasional.

Dalam kaitan itu, pemerintah Kabupaten Solok  telah melakukan refocusing untuk belanja modal sebesar 38 persen, belanja barang dan jasa 19 persen, yang direlokasikan untuk belanja BTT sebesar lebih kurang 35 M.

Atas alasan itu, Bupati Solok menyebutkan, diperlukan pemahaman secara bersama-sama mengenai penggunaan anggaran yang telah direfocusing pada masing-masing SKPD untuk dapat direalokasi tepat sasaran

Dikatakan, realokasi program kegiatan direkomendasikan untuk beberapa hal,  antara lain belanja bidang kesehatan dalam rangka pencegahan dan penanganan covid-19, penyediaan jaring pengamanan sosial serta penanganan dampak ekonomi

” Kita berharap pandemi covid-19 dapat cepat teratasi dan berlalu, sehingga sisa anggaran yang direalokasikan baik untuk BTT dan dari kegiatan tersebut dapat dipergunakan kembali kepada kegiatan semula,” harapnya.

Reporter: Aznul Hakim

Editor    : Melatisan

Facebook Comments

loading...