Pemkab Solok Terima Hibah Teknologi Air Bersih dan Sanitasi Danau Singkarak

131
Aswirman
Bupati Solok diwakili Sekda Aswirman secara virtual menerima hibah penerapan teknologi air bersih dan sanitasi di danau Singkarak yang dihibahkan Kementrian PUPR melalui Balitbang Perumahan Wilayah 1 Medan, Jum'at (3/7) di Arosuka

ARRUSNews –  Pemerintah Kabupaten Solok menerima hibah barang persediaan berupa penerapan teknologi air bersih dan sanitasi di danau Singkarak dari Kementrian PUPR melalui Balitbang Perumahan Wilayah 1 Medan, Jum’at (3 Juli 2020).

 

Penyerahan hibah penerapan teknologi air bersih dan sanitasi di danau Singkarak tersebut, dilakukan secara virtual dari ruang kerja Bupati Solok yang diwakili Sekda Aswirman dengan Kepala Balitbang perumahan wilayah 1 Medan Rusli,ST,MT.

Mengiringi hibah tersebut, Kepala  Balitbang Perumahan Wilayah 1 Medan Rusli mengatakan, bekerjasama dengan Kementrian PUPR, pihaknya melakukan serah terima hibah barang persediaan kepada Pemkab Solok. Kegiatan hibah ini merupakan lanjutan dari serah terima pemanfaatan penerapan teknologi pengelolaan air bersih dan sanitasi di dermaga Danau Singkarak pada tanggal 9 Desember 2019.

Dikatakan, kegiatan hibah ini diharapkan  dapat menjadi  role model teknologi terpadu pengelolaan air minum dan sanitasi serta meningkatkan perekonomian masyarakat khususnya yang ada disekitar Danau Singkarak.

” Kami berharap bantuan ini dapat dipergunakan dengan sebaiknya baiknya dan dapat membantu pemerintah daerah dalam pengelolaan air bersih dan sanitasi,” ucap Rusli.

Terhadap itu, Sekda Aswirman dalam kapasitasnya sebagai Bupati Solok menyampaikan terimakasih kepada Kementerian PUPR khususnya Balitbang Wilayah 1 Medan yang telah memfasilitasi program ini untuk pemerintah Kabupaten Solok.

Aswirman menjelaskan, pihaknya (Pemkab Solok) telah melakukan kerja sama dengan Puslitbang PUPR pada tanggal 20 Maret 2019,Perjanjian kerja sama ini dimaksudkan sebagai upaya bersama dalam pemanfaatan air bersih dan sanitasi yang serta untuk mendukung penyelamatan Danau Singkarak

Program ini menjadi penting, karena  air minum dan sanitazi meruapakan salah satu kebutuhan dasar bagi keberlangsungan kehidupan. Untuk itu, kata dia,  diperlukan suatu upaya penanganan program air minum dan sanitasi yang layak bagi masyarakat mengingat potensi sumber air bersih yang cukup tersedia di Kabupaten Solok

” Berdasarkan data RAD AMPL Kabupaten Solok, cakupan layanan air minum di kabupaten solok masih mencapai 75,07 persen, sedangkan cakupan akses Sanitasi sekitar 69,4 persen,” jelas Aswirman.

Karena kebutuhan yang tinggi, Aswirman masih berharap setelah ini akan ada bantuan lainya dari dari kementerian PUPR melalui Balitbang Perumahan wlWilayah 1 Medan dalamn hal penerapan teknologi air bersih dan sanitasi, diantaranya di Danau Diatas, Danau Bawah dan Danau Talang.

Solok
Sekda Aswirman perlihatkan surat penerimaan hibah penerapan teknologi air bersih dan sanitasi di danau Singkarak kepada Balitbang Perumahan Wilayah 1 Medan, Jum’at (3/7) di Arosuka

Dengan telah diserah terimakanya sarana air bersih dan sanitasi ini, pihaknya  berharap seluruh stakeholder dapat menjaga dan merawat dan mengelola sarana yang ada secara optimal, sehingga  dapat meningkatkan ekonomi masyarakat khususnya di sekitar Danau Singkarak

Aswirman menggugah kerjasama  semua pihak untuk melakukan pengawasan dan pembinaan dalam pengelolaan air bersih di pasangrahan Danau Singkarak. ”  Seluruh SKPD terkait agar memberikan kontribusinya dalam  implementasi pengelolaan air bersih sesuai dengan tupoksinya masing-masing,” tegas Aswirman.

Reproter: Aznul Hakim

Editor    : Melatisan

 

Facebook Comments

loading...