Nelayan Lakuak Pasar Gompong Pesisir Selatan Harapkan Bantuan Alat Tangkap Ikan

41
Nelayan
Bersama Nelayan, Bupati Hendrajoni lakukan silaturahmi di Lakuak Pasar Gompong, Nagari Kambang Barat, Kecamatan Lengayang.

ARRUSNews – Masyarakat nelayan di Lakuak Pasar Gompong, Nagari Kambang Barat, Kecamatan Lengayang, Kabupaten Pesisir Selatan, keluhkan keterbatasan sarana alat tangkap. Akibatnya, hasil tangkapan ikan nelayan menjadi berkurang.

 

Guna mengatasi kondisi tersebut,  masyarakat nelayan berharap pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan  bisa menyalurkan berbagai bantuan, terutama sarana alat tangkap ikan.

“Agar hasil tangkapan ikan masyarakat nelayan bisa meningkat, kami berharap ada bantuan sarana alat tangkap dari pemerintah daerah,” ujar Syafir, perwakilan kelompok nelayan setempat saat melakukan silaturahmi dengan Bupati Pesisir Selatan, Hendrajoni, Jum’at (28 Agustus 2020).

Pertemuan saat itu turut dihadiri, Kepala Dinas Perikanan Pesisir Selatan, Andi Syafinal, Kepala Bappeda Litbang, Yozki Wandri, Kepala Dinas Dukcapil, Eva Fauza Yuliasman Dt Tigo Lareh, dan sejumlah pejabat eselon II lainnya.

Menanggapi hal itu, Bupati Pessel, Hendrajoni, langsung mengabulkan permintaan masyarakat nelayan dan penyalurannya di targetkan pada September 2020 ini.

“Permohonan ini langsung saya respon dan ditargetkan penyalurannya di September. Bantuan yang akan disalurkan tidak saja dalam bentuk mesin, tapi juga dalam bentuk jaring sebagai sarana tangkap,” katanya.

Dalam kesempatan itu, pihaknya juga berencana bakal menyalurkan bantuan rumah bagi nelayan.

“Agar beberapa bentuk bantuan itu bisa disegerakan, maka kepada wali nagari saya minta untuk segera mempersiapkan proposalnya,” ucapnya lagi.

Ia mengaku kekurangan kemampuan keuangan daerah tidak semuanya bisa dibangun dengan cepat. Dari itu, sangat perlu menjalin hubungan baik dengan pusat walaupun ditengah pandemi Covid-19 yang sedang mewabah.

Walinagari Kambang Barat, Awaluddin, mengatakan, di nagari itu terdapat sebelas kelompok nelayan, sedangkan di Kampung Pasar Gompong ada tiga kelompok nelayan.

“Sebagai walinagari saya berharap apa yang menjadi keluhan masyarakat ini bisa terkabulkan. Sebab, hanya melalui upaya ini, hasil tangkapan masyarakat nelayan bisa meningkat lagi,” tuturnya.

Ia mengakui, masyarakat nelayan di Nagari itu memang belum pernah mendapatkan bantuan sarana tangkap dari pemerintah maupun pejabat terkait lainnya.

“Makanya melalui pertemuan yang digelar oleh Kelompok Nelayan Karang Baru Nagari ini, kami berharap apa yang disampaikan benar- benar tercapai sesuai harapan,” katanya penuh harap.

Reporter: Okis Rockin

Facebook Comments

loading...