Permintaan Pembangunan Jalan Garabak Data Menguat Dalam Alek Bakaua yang Dihadiri Wabup Solok

Garabak
Wakil bupati Solok Jon Firman Pandu menghadiri alek Bakaua Nagari Garabak Data bersama Ketua GOW Kabupaten Solok, Kurniati Jon Firman Pandu, Senin (23 Agustus 2021) di Lapangan Jorong II Data

ARRUSNews- Permintaan pembangunan jalan menuju nagari Garabak Data, Kecamatan Tigo Lurah, Kabupaten Solok, kembali mengemuka dalam  kegiatan Alek Bakaua (helat Haul) yang menjadi tradisi di nagari terisolir itu.

Aspirasi mahal itu diungkapkan tokoh masyarakat Garabak Data, Jon Edrizon Dt Rajo Itan, dihadapan wakil bupati Solok Jon Firman Pandu yang menghadiri kegiatan budaya itu bersama  Ketua GOW Kabupaten Solok, Kurniati Jon Firman Pandu, Senin (23 Agustus 2021) di Lapangan Jorong II Data.

Diawali dengan puja-puji atas kehadiran Wabup Solok ke Garabak Data,  meski harus menempuh jalan yang ekstrim dan berlumpur,  Jon Edrizon, Dt Rajo Itan dengan suara bergetar kemudian meminta pembangunan jalan yang representatif agar akses transportasi ke Garabak Data menjadi lancer.

“ Kami  berharap dalam rentang  masa jabatan Bupati dan Wakil Bupati Solok sekarang, akses jalan ke nagari kami dapat diperbaiki,” ujarnya.

Keinginan serupa juga disampaikan Panitia Pelaksana Bakaua, Metrial. Nagari yang berbatasan dengan Kabupaten Dharmasraya tersebut,  selama ini sangat minim prasarana jalan. Masyarakat menaruh harapan besar, supaya akses jalan diprioritaskan pembangunannya.

Terkait helat Bakaua, Metrial menyampaikan tentang tradisi masyarakat yang terus dipelihara dari masa ke masa sebagai simbol kebersamaan dan persatuan masyarakat.

Senada, Wali Nagari Garabak Data, Pardinal, S. Pd.I menyampaikan harapan masyarakat Gabak Data terhadap kebutuhan jalan permanen. Untuk melepaskan nagari ini dari keterisolasian, kata dia, tidak ada cara lain kecuali dengan membangun jalan.

“ Kami berterimakasih kepada pak Wabup dan ibu, sudah dua kali datang kesini. Mudah-mudahan kunjungan pak Wabup akan terus berlanjut,” kata Pardinal.

Menanggapi aspirasi masyarakat, Wakil Bupati Solok  Jon Firman Pandu didampingi Ketua GOW  Kurniati Jon Firman Pandu, mengaku memahami suasana hati masyarakat yang merasa tidak diacuhkan oleh Pemerintah Daerah maupun Provinsi Sumbar.

Diakui, sudah banyak aspirasi  disampiakan oleh tokoh- tokoh masyarakat, agar bagaimana nagari di Tigo Lurah ini terbebas dari  keterisolasian.

“ Insya Allah,  Pemerintah Kabupaten Solok hadir untuk mengembangkannya. Kita akan prioritaskan pembangunan nagari yang terpinggirkan,” jawab Jon Firman Pandu.

pandu
Kedatangan Wakil Bupati Solok Jon Firman Pandu di Garabak Data, disambut dengan pengalungan bunga

Dikatakan Wabup Solok, sepulang dari Garabak Data, dirinya akan  sampaikan kepada Bupati Solok agar  memprioritaskan pembangunan jalan untuk kemajuan nagari Garabak Data. “Bupati dan Wakil Bupati Solok akan hadir untuk masyarakat, agar nagari Garabak Data terbebas dari daerah terisolir,” sebutnya.

Disisi lain, Jon Firman Pandu menyampaikan  pesan kepada pemuda Garabak Data untuk terus bangkit dan bergerak bersama membenahi perekonomian. Pemerintah Kabupaten Solok hadir untuk ditengah masyarakat untuk bersama merawat nilai adat dan budaya, khususnya di Garabak Data.

Menandai dimulainya kegiatan bakaua, Wakil Bupati Solok memberikan masker secara simbolis ke salah seorang tokoh masyarakat agar masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan.

Kegiatan dilanjutkan dengan bakaluang, yaitu pemberian kalung kepada masyarakat  dan  diarak disekeliling lapangan disertai music. Selepas bararak, mereka  yang di pakaikan kalung, memberikan sumbangan untuk pembangunan masjid setempat.

 Reporter: Ismardi

 

Facebook Comments

Artikel sebelumyaLongsor di Nagari Koto Gaek Guguak, Akses Transportasi dari Jorong Likoti ke Sukarami Solok Putus Total
Artikel berikutnyaKukuhkan Yayasan Waqaf Bersama, Gubernur Mahyeldi Salut Terhadap Kekompakan Warga Koto Sani