Porprov XVI, Bupati Solok Usung Target Rangking 2

179
Bupati Solok Gusmal menyerahkan bonus tambahan kepada pengurus cabor Gulat yang menjadi peraih medali terbanyak pada porprov ke XV tahun 2018.

Bupati Solok Gusmal menargetkan pada Porprov (pekan olahraga Provinsi) Sumbar ke XVI tahun 2020, kabupaten Solok akan mencapai prestasi terbaik di posisi rangking 2 besar di Sumbar.

“Target rangking dua itu saya pikir sangat realistis, ditengah hegemoni Kota Padang yang menjadi gudang atlit Sumbar selama ini,” ujar Bupati Solok Gusmal di sela  penyerahan bonus Porprov ke XV di Guest House Arosuka, Sabtu (21/3).

Dihadapan Ketua KONI Kab Solok Rudi Horizon, Ketua DPRD Jon firman Pandu, Kapolres Solok AKBP Azhar Nugroho,SH,SIK, Dandim 0309 Solok Letkol Arm.Reno Triambodo, Sekda Aswirman, Asisten Koor Administrasi Sony Sondra, Kepala SKPD dan Pengurus cabang Olahraga, Atlit dan pelatih, Bupati Solok Gusmal mengaku optimis target itu akan tercapai.

Menurutnya, harapan dan target itu bukan tanpa alasan, setidaknya dengan perhatian lebih dengan dukungan anggaran yang memadai, akan menjadi motivasi tersendiri bagi para patriot olahtraga di daerah itu dalam meraihnya. “ Sejak mengikuti dua kali porprov terakhir, 2016 dan 2018, prestasi olahraga Kabupaten Solok terus meningkat. Saya yakin, pada tahun ini juga akan mengalami peningkatan,” bebernya.

Bupati Solok Gusmal

Kabupaten Solok kata Gusmal, merupakan daerah yang sampai hari ini masih konsisten memberikan bantuan uang pembinaan bulanan kepada atlit berprestasi. Bahkan bantuan pembinaan tersebut mungkin satu-satunya daerah yang melakukannya di Sumbar.

“ Apalagi daerah kita akan menjadi tuan rumah pada dua cabang olahraga, yaitu Kempo dan Paralayang.  Kita harus berjuang agar  Kabupaten Solok dapat menempati peringkat 2 di Sumbar. Kalau peringkat naik pada porprov 2020 setiap medali emas saya tambah menjadi Rp. 35 juta,” ucapnya.

Untuk mempersiapkan itu, di samping penambahan Bonus, Bupati juga meminta kepada insan olahraga di daerah itu, untuk menunda pelaksanaan Musyawarah olahraga kabupaten (Musorkab) Solok yang direncanakan akan digelar pada bulan Agustus 2020 nanti. “ Saya ingin Musyawarahnya ditunda dulu sampai Porprov XVI selesai agar persiapan ini bisa maksimal. Kalau perlu saya akan surati Koni Sumbar terkait ini nantinya,” ucap Gusmal.

Terkecuali itu, Bupati Gusmal menekankan kepada kepala SKPD untuk juga memberikan perhatian penuh dalam peningkatan prestasi olahraga di daerah itu. Kepala SKPD yang di kantornya ada atlit berprestasi, diminta untuk memberikan ruang dan kelonggaran, jika nanti menjalani latihan dan pertandingan.

“Kepala SKPD yang di kantornya bekerja para atlit berprestasi, saya ingatkan jangan dipotong honornya lantaran tidak hadir ke kantor karena sibuk latihan. Mereka bekerja di SKPD adalah titipan untuk menunjang prestasinya. Kemaren ada yang melaporkan hal itu kepada saya,” tegas Bupati.

Lantaran itu, Bupati berpesan kepada seluruh atlet dan official untuk selalu bersikap sportif, baik di dalam maupun di luar pertandingan, serta tetap meningkatkan prestasi di Porprov tahun 2020. “Jadi kalau ada persoalan, jangan curhat di media sosial. Sampaikan kepada sesuai alurnya. Ada Koni, Pengcab, Dinas dan ada Bupati. Semuanya masalah insya Allah bisa kita atasi, selagi kita mau bermusyawarah,” ucap Bupati.

Terpisah, ketua Koni kabupaten Solok Rudi Horizon menyebutkan, menyampaikan apresiasi kepada Bupati Solok Gusmal atas dukunganya Kepada KONI beserta pelatih dan atlet kab solok yang sudah mengarumkan kabupaten Solok dalam Porprov XV Tahun 2018.

“Ini semua sebagai bentuk perhatian dan penghargaan yang diberikan olah Bapak Bupati Solok terhadap patriot olahraga yang telang mengharumkan nama daerah ini. Selain bonus, sebanyak 25 orang atlet berprestasi bahkan sudah diterima sebagai Tenaga Harian Lepas (THL) di Pemda Kabupaten Solok sejak tahun lalu,” tuturnya.

Ketua Koni Rudi Horizon

Rudi berharap, perhatian yang diberikan tersebut akan dijawab dengan prestasi yang membanggakan bagi daerah di penghujung masa jabatan Bupati Solok Gusmal-Yulfadri ini. “Rangking 2 di Sumbar kenapa tidak??. Dengan perhatian yang lebih seperti ini, kami optimis untuk mewujudkannnya,” ucap Sekum Porserosi Sumbar ini.

Searah dengan itu, Pelatih Wushu Indonesia Kab. Solo Riko Fernanda S.Pd juga menyampaikan apresiasi kepada Pemkab Solok terhadap dukungannya kepada pembinaan prestasi olahraga di daerah itu. Atas alasan itu, ia menegaskan akan mempertahankan nama baik kabupaten Solok di ajang porprov mendatang.

“Kami siap berjuang untuk Kabupaten Solok dan tidak akan pindah ke daerah lain, meski banyak tawaran dan iming-iming bonus yang lebih tinggi dari daerah lain. Semua itu sebagai bentuk kecintaan kami kepada daerah ini,” tegasnya.

Reporter: MALIN MARAJO

Sumber: Beritanda1

Facebook Comments

loading...