Putus Penyebaran Corona Sekretariat DPRD Kota Solok di Jaga Tim Medis

438
Tenaga kesehatan yang ditempatkan di Sekretariat DPRD KOta Solok tengah memeriksa suhu badan pengunjung
Tenaga kesehatan yang ditempatkan di Sekretariat DPRD KOta Solok tengah memeriksa suhu badan pengunjung

ARRUSNews – Sekretariat DPRD Kota Solok terus berupaya melakukan pencegahan merebaknya virus covid-19. Dengan melakukan pengawasan bagi siapa saja yang datang berkunjung, Sekretariat DPRD Kota Solok menempatkan Dua orang tenaga medis di pintu masuk lengkap dengan Hand Sanitizer.

Sekretaris DPDR setempat, Zulfahmi,SH,MH mengatakan, semenjak adanya edaran dari Presiden Republik Indonesia terkait merebaknya wabah virus covid-19 di Indonesia, pihaknya langsung menghentikan kunjungan kerja keluar Daerah maupun study banding. Sebaliknya, DPRD Kota juga tidak menerima kunjungan kerja dari Daerah manapun. Ini dilakukan guna mengantisipasi masuknya virus Covid-19.

Selain itu,  Sekretariat DPRD Kota Solok juga telah melakukan beberapa langkah untuk menghadapi dan mencegah penyebaran virus corona agar jangan sampai terjangkit di lingkungan sekretariat, yaitu dengan menempatkan dua orang tim medis dari Puskesmas Nan Balimo.

Penempatan tenaga kesehatan itu, dibekali dengan alat pelindung diri (APD) berupa Masker, pengukur suhu, mantel dan pelindung wajah. Tim medis ini akan memeriksa siapa saja yang masuk ke sekretariat DPRD tanpa ada pengecualian. Jika tamu yang datang dari luar Kota Solok atau datang dari Daerah terjangkit covid-19, tim medis tidak akan membolehkan  masuk ke areal sekretariat DPRD.

“Penemapatan Tim medis ini akan berlangsung sampai batas yang tidak ditentukan,” kata Zulfahmi.

Cegah penyebaran virus Corona, Sekretariat DPRD Kota Solok sediakan alat pembersih tangan bagi pengjunjung kantor tersebut
Cegah penyebaran virus Corona, Sekretariat DPRD Kota Solok sediakan alat pembersih tangan bagi pengjunjung kantor tersebut

Salah seorang Tim medis yang ditempatkan di Sekretariat Dewan, Wulandari,Amd Keb menyampaikan, dirinya melakukan piket terhitung sejak Ssenin, tanggal 6 April 2020, dengan cara bergantian selama jam kerja sebanyak dua orang setiap harinya. Piket ini bertujuan untuk menscraning dan menjaring setiap tamu yang berkunjung ke sekretariat DPRD Kota Solok. Selain menscraning, tim medis juga mensosialisasikan akan pentingnya menjaga kesehatan.

Ia menyebutkan, bagaimana pentingnya mencuci tangan dengan benar, dnegan cara paling sederhana untuk dilakukan dalam mencegah penyebaran virus Corona. Sebelum memasuki sekretariat Dewan, pengunjung dianjurkan untuk mencuci tangan dengan hand sanitizer yang sudah di sediakan di depan pintu masuk.

Tim medis memandu tamu agar seluruh bagian tangan tercuci hingga bersih, termasuk punggung tangan, pergelangan tangan, sela-sela jari dan kuku. Setelah itu, keringkan tangan dengan tisu yang sudah disediakan.

Tim medis juga memeriksa suhu tubuh pengunjung, sekaligus menganjurkan untuk menggunakan masker. Meski tidak sepenuhnya efektif mencegah paparan kuman, namun penggunaan masker  tetap bisa menurunkan risiko penyebaran penyakit infeksi, termasuk infeksi virus Corona.

Reporter: Rudi Cader

Editor    : Melatisan

 

Facebook Comments

loading...