Putus Penyebaran Covid 19, Dinkes Dharmasraya Lakukan Rapit Tes Klaster Pasar Pulau Punjung

417
Rapid
Dinas Kesehatan Dharmasraya bersama Laboratorium Kesehatan Daerah (LABKESDA) menggelar skrining pemeriksaan Rapid test (RDT) terhadap klaster covid 19 di wilayah Pasar Pulau Punjung, Kamis (14/5/20).

ARRUSNews Terobosan besar dilakukan Dinas Kesehatan Kabupaten Dharmasraya. Guna mempercepat memutus mata rantai penularan Corona Vurus Disease 2019 (Covid-19), Dinas Kesehatan Dharmasraya bersama Laboratorium Kesehatan Daerah (LABKESDA) menggelar skrining  pemeriksaan Rapid test (RDT)  terhadap klaster  covid 19 di wilayah Pasar Pulau Punjung, Kamis (14/5/20).

Kepala Dinas Kesehatan Dharmasraya dr. Rahmadian. S disela kegiatan menjelaskan, kegiatan ini menargetkan kepada 129 orang melakukan pemeriksaan RDT.

“ Lebih  diutamakan bagi para ibu hamil dan pelajar dari daerah terjangkit, yang berada di kawasan Pasar Pulau Punjung,” sebut Kadiskes dr. Rahmadian.

Tujuan pemeriksaan RDT untuk mempercepat pencegahan dan penanganan penularan covid-19. Sehingga masyarakat yang berkunjung ke pasar, tidak cemas untuk melakukan kegiatan perekonomian, dengan selalu mengikuti protokoler kesehatan.

Walaupun dalam pemeriksan  RDT hasilnya non reaktif, pihak dinas kesehatan terus menghimbau masyarakat agar tetap menjaga jarak, 1-2 meter. Adapun untuk keluar rumah, jika ada keperluan penting, harus dengan memakai masker, serta selalu mencuci tangan memakai sabun.

” Dinkes tetap berkomitmen melaksanakan tracking dan trassing untuk percepatan dan penanganan covid-19 di Kabuoaten Dharmasraya ini,” terang dr. Rahmadian.

Pihaknya menghimbau kepada seluruh masyarakat Dharmasraya, agar selalu mengedepankan keselamatan diri ketika bepergian keluar rumah, dengan tidak mengusap, mata, hidung, dan mulut.

Upayakan setelah sampai di rumah pulang dari bepergian, untuk tidak menyentuh barang apapun. Segera mandi keramas, dan jangan lupa memakai sabun, atau sejenisnya, pungkas dr Rahmadian.

Reporter: S Hanif

 

Facebook Comments

loading...