Resmikan PAUD Percontohan Payakumbuh, Ini Pesan Riza Falepi

Payakumbuh
Peresmian PAUD Percontohan ditandai dengan pengguntingan pita oleh Walikota Payakumbuh Riza Falepi, Rabu (17 Maret 2021)

ARRUSNews – PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) Percontohan yang berada di Jalan Pacuan Kelurahan Tiakar Kecamatan Payakumbuh Timur, Rabu (17 Maret 2021) diresmikan pemakaiannya oleh Wali Kota Payakumbuh, Riza Falepi.

 

Menandai peresmian PAUD itu, Wali Kota Payakumbuh, Riza Falepi mengatakan, usia dini merupakan masa emas perkembangan anak. Untuk mengembangkan potensinya, anak membutuhkan asupan gizi seimbang, perlindungan kesehatan serta rangsangan pendidikan yang dilakukan sejak lahir.

“ Pemerintah Kota Payakumbuh terus berupaya  melayani anak usia 0-6 tahun dalam pendidikan PAUD,” kata Riza Falepi.

Dikatakan, untuk mewujudkan pendidikan berkarakter, perlu didirikan PAUD percontohan yang mengangkat dan memprogramkan karakteristik adat basandi syarak, syarak basandi kitabullah, serta mengangkat kearifan lokal. Sehingga apa yang dicita-citakan, dapat terwujud dimasa yang akan datang.

Menurut Riza, perhatian pemerintah selama ini sudah cukup besar terhadap keberlangsungan PAUD di Kota Payakumbuh. Seperti bantuan operasional, alat permainan edukatif dan peningkatan kompetensi serta kesejahteraan guru PAUD, semua difasilitasi.

“ Dampak dari bantuan tersebut menghasilkan sejumlah prestasi yang dicapai guru dan peserta didik, baik di tingkat Provinsi maupun tingkat Nasional,”terang Riza.

Ditambahkan, PAUD Percontohan ini harus sesuai namanya, yaitu layak untuk dicontoh. Semua yang terbaik harus ada disini. Mulai dari sarana dan prasarana serta tenaga pendidik.

“Kalau disini bukan yang terbaik, bukan PAUD percontohan namanya. Untuk itu, kita harus bisa menjadi yang terbaik dan sesuai namanya, menjadi contoh bagi yang lain dalam meningkatkan kreatifitas anak, termasuk melatih anak untuk memiliki jiwa kepemimpinan,” harap Riza.

Senada, Bunda PAUD Kota Payakumbuh, Ny. Henny Riza Falepi, mengatakan PAUD percontohan  akan menjadi acuan dan pedoman bagi PAUD lainnya yang ada di Kota Payakumbuh.

“Saya sarankan nama PAUD Percontohan ini diubah menjadi PAUD Uswatun Hasanah. Karena dengan nama tersebut, kita berharap PAUD dapat menjadi contoh baik bagi PAUD lainnya. Untuk tenaga pendidik, kita akan mengadakan pelatihan yang mengacu kepada PAUD  bertaraf nasional,”ujarnya.

Henny berharap, dengan adanya PAUD percontohan ini, kualitas pendidikan anak usia dini di Kota Payakumbuh menjadi lebih baik lagi serta kualitas para pendidik dapat ditingkatkan dengan semaksimal mungkin.

“Kita berharap covid segera hilang dari negara kita agar anak-anak kita juga tenang dan nyaman dalam melakukan pembelajaran karena anak adalah penerus bangsa,” Pungkas Henny.

Hadir dalam kegiatan tersebut Ketua P2TP2A Kota Payakumbuh Ny. Machdalena Erwin Yunaz, Kepala Dinas Pendidikan A. H Agustion, perwakilan dari Kecamatan Payakumbuh Timur, Bhabinkamtibmas, Majelis guru, serta wali murid Paud percontohan.

Reporter: Mardikola Tri Rahmad

 

Facebook Comments