Revitalisasi Pasar Surantih Pesisir Selatan Dialokasikan Sebesar Rp 2,2 Milyar

55
Surantih
Kabid Perdagangan Pessel, Hendro Kurniawan

ARRUSNews – Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel), kembali melakukan revitalisasi atau pengembangan sarana pasar tradisional Surantih, Kecamatan Sutera.

Program revitalisasi dan peremajaan pasar tradisional Suranti dengan arsitektur bangunan dua tingkat itu, dilakukan tahun 2020 ini dengan anggaran senilai Rp 2,2 miliar.

Kepala Bidang (Kabid) Perdagangan Pessel, Hendro Kurniawan, mengatakan, dana revitalisasi pasar tersebut berasal dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD), dengan harapan agar pedagang dan pembeli nyaman saat melakukan transaksi.

“Sekarang pengerjaannya sedang berlangsung. Sesuai rencana bakal dibangun dua tingkat. Untuk sementara waktu, kami siapkan ruko darurat bagi pedagang,” katanya pada wartawan di Painan, Rabu (26 Agustus 2020).

Menurutnya, rencana pembangunan pasar Surantih, Kecamatan Sutera, sudah direncanakan sejak lama. Namun, karena berbagai hal akhirnya baru dapat terealisasi sekarang ini. Bahkan, pembangunan sejumlah pasar di daerah berjuluk Negeri Sejuta Pesona itu masuk dalam program strategis pemerintah daerah.

“Ya, ini masuk dalam program bapak bupati. Sebab, pasar Surantih sudah seharusnya di perbarui. Dana sebesar Rp2,2 miliar ini merupakan tahap awal, untuk berikutnya kami sesuaikan dengan kebutuhannya,” ucapnya.

Selain Pasar Surantih, kata dia, tahun ini Pemkab Pessel juga sedang mengupayakan revitalisasi lima pasar lainya. Namun, anggarannya bakal diupayakan melalui pusat dengan nilai sekitar Rp20 miliar.

“Lima pasar itu diantaranya, Pasar Lakitan, Air Pura, Lunang, Air Haji dan Pasar Sago. Mudah-mudahan tidak ada kendala dan bisa terealisasi secepatnya,” tuturnya.

Reporter: Okis Rockin

Facebook Comments

loading...