Ridwan Kamil: Jawa Barat Siap Menampung Produk UMKM dan Hasil Pertanian dari Payakumbuh dan Liampuluh Kota

Ridwan
Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil menerima cederamata dari Koordinator Balai Wartawan Luak Limopuluah Arfidel Ilham

ARRUSNews – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengungkapkan, bahwa daerah yang dipimpinnya siap menampung hasil produk Usaha Mikro, Kecil dan menengah (UMKM) serta pertanian dari Kota Payakumbuh dan Kabupaten Limapuluh Kota, Sumatera Barat.

 

Ridwan Kamil menyebutkan, daerah yang dipimpinnya (Jawa Barat) mempunyai penduduk  50 juta jiwa. Karena itu pihaknya siap menampung sebanyak-banyaknya produk dari  Kota Payakumbuh dan Kabupaten Limapuluh Kota jika ingin memasarkan produknya di Jawa Barat.

“Jenis produk yang siap ditampung Jawa Barat, mulai dari hasil UMKM seperti baju, makanan serta hasil pertanian dari kedua daerah (Payakumbuh dan Limapuluh Kota) ini, kata Ridwan Kamil saat kegiatan bincang santai yang dilaksanakan oleh Balai Wartawan Luak Limopuluah di Payakumbuh, Selasa (30 Maret 2021).

Gubernur yang akrab disapa Kang Emil ini memastikan, tidak usah pikirkan tempat, nanti pihaknya akan sediakan tempat.

” Tapi produknya tolong di seleksi, nanti akan kita pasarkan dan promosikan secara bersama-sama,” ujarnya.

Menurutnya, selain jumlah penduduk yang banyak, Jawa Barat juga memiliki kunjungan wisatawan mencapai 60 juta setiap tahunnya yang dapat dimanfaatkan untuk memasarkan produk-produk dari daerah lainnya.

Menyambut itu,  Wali Kota Payakumbuh Riza Falepi mengatakan Pemkot Payakumbuh akan menindaklanjuti yang disampaikan oleh Gubernur Jawa Barat tersebut.

“Nanti akan kita cari tahu apa pangan yang memang bisa kita jual di Jawa Barat. Untuk kuliner khusus rendang UMKM kita sudah bisa untuk kita jual di Bandung ini karena standar rendang kita sudah memiliki standar internasional,” katanya.

Selanjutnya, Bupati Limapuluh Kota Safaruddin mengatakan kesiapan dari Provinsi Jawa Barat untuk menampung produk hasil UMKM akan segera ditindaklanjuti sembari meningkatkan kualitas dari produk itu sendiri.

“Kita yakin kuliner dan hasil UMKM kita di Limapuluh Kota sudah baik tapi kita perlu meningkatkan banyaknya produksi dan kualitasnya,” ujarnya.

Reporter: Mardikola Tri Rahmat

Facebook Comments

Artikel sebelumyaDPRD Solok Gelar Paripurna, Ivoni Munir Dilantik Sebagai Wakil Ketua Pengganti Antar Waktu
Artikel berikutnyaTerkait Pilpres 2024, Ridwan Kamil Tidak Ngotot, Tapi Siap Maju Jika Jalan Terbuka