RSUD M.Zein Painan Siapkan 3 Ruang Isolasi Bagi PDP Virus Corona

93
Direktur RSUD M.Zein Painan, dr Sutarman
Direktur RSUD M.Zein Painan, dr Sutarman

Manajemen Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) M. Zein Painan, Kabupaten Pesisir Selatan, mengambil langkah nyata dalam mencegah penyebaran virus corona atau Covid 19 di daerah itu.  

Selain mensiagakan 30 dokter, pihak RSUD M.Zein Painan juga telah menyiapkan tiga ruangan isolasi  untuk pasien ODP dan PDP virus Corona.

Direktur RSUD M.Zein Painan, Sutarman menyebutkan, kebijakan menyediakan ruang isolasi tersebut sebagai langkah  antisipasi penyebaran Covid-19 di Kabupaten Pesisir Selatan.

Dikatakan, bagi pasien yang memiliki gejala demam, batuk, dan sesak napas, bakal menjalani perawatan sementara di ruang isolasi yang telah sediakan.

Menurutnya, pasien yang memiliki gejala tersebut juga bakal diperiksa riwayatnya, pernah pergi ke daerah rawan atau melakukan interaksi langsung dengan ODP ataupun PDP.

” Pasien ODP dan PDP bakal kami amankan di ruang isolasi,” ucap Sutarman kepada wartawan di Painan, Kamis (26/3).

Kendati demikian, pihaknya tidak memiliki kapasitas untuk menentukan pasien positif atau tidak terjangkit virus corona. Sebab, RSUD M.Zein Painan hanya menerima pasien ODP dan PDP.

Bila pihaknya tidak mampu menangani pasien tersebut, maka dirujuk ke RSUP M.Djamil Padang.

“ Batas waktu pasien yang di isolasi itu relatif. Jika kondisi stabil, membaik, tentu bisa kami pulangkan,” tuturnya.

Selain itu, RSUD M.Zein Painan juga telah menyiapkan alat pelindung diri (APD) untuk para petugas medis. Setidaknya, terdapat 250 unit APD yang tersedia saat ini di RSUD M.Zein Painan.

“Namun, ketersediaan APD saat ini belum menjamin kebutuhan tenaga medis nantinya. Pihak kami sudah mengajukan tambahan ke Pemprov Sumbar,” ucapnya mengakhiri.

Reporter: Okis Rockin

 

Facebook Comments

loading...