Sampai Minggu, Sudah 44 Orang Warga Sumbar Positif Corona

328
Data
Data pantauan Covid 19 Sumatera Barat (Ist)

ARRUSNewsJumlah warga Sumatra Barat (Sumbar) terkonfirmasi positif terinfeksi corona (covid-19) meningkat menjadi 44 orang. Peningkatan itu terjadi karena  karena warga positif covid-19 bertambah sebanyak 12 orang pada Minggu (12/4).

Kenyataan itu dibenarkan Juru Bicara Percepatan Penanganan Covid-19 untuk wilayah Sumbar, Jasman Rizal. Ia menyebutkan kondisi ini sudah lampu merah. Sudah 44 orang warga sumbar yang positif.

“Penambahan 12 orang dalam sehari ini. Sebarannya 10 orang di Kota Padang. Mereka ada yang isolasi mandiri dan dirawat di ruang isolasi rumah sakit rujukan corona,” kata Jasman Rizal ditulis dalam akun facebook pribadinya, Minggu (12/4/2020).

Ia menyebutkan, dua orang pasien lainnya berasal dari Kabupaten Kepulauan Mentawai, mahasiswi di Jakarta. Yang bersangkutan dirawat di RSUD Kepulauan Mentawai dan diawasi ketat oleh tim kesehatan.

Kemudian seorang lagi dari Pasaman, laki-laki 35 tahun, merupakan menantu dari pasien pertama dari Pasaman. Sekarang isolasi mandiri. Namun karena adanya kekhawatiran warga sekitar terpapar covid-19,  maka Pemkab Pasaman berupaya mencari tempat karantina terdekat dari Pasaman.

Keseluruhan pasien dinyatakan positif setelah hasil pemeriksaan spesimen laboratorium Universitas Andalas (Unand) Padang.

“Mereka ada yang berstatus orang tanpa gejala (OTG), orang dalam pemantauan (ODP) dan pasien dalam pengawasan (PDP). Jadi total keseluruhan di Sumbar hingga hari ini 44 orang,” ujarnya.

Penambahan positif terinfeksi covid-19 ini, juga  diumumkan di website resmi Pemerintah Provinsi Sumbar penanganan corona yaitu, https://corona.sumbarprov.go.id.

Sama ditulis dalam website, Jasman menyebutkan 44 positif covid-19, di antaranya 15 dirawat, 19 isolasi mandiri di rumah, tiga meninggal dunia dan tujuh pasien dinyatakan sembuh.

Selain itu, juga terdapat 151 PDP dengan rincian 27 pasien masih dirawat, 26 isolasi di rumah dan 98 negatif covid-19. Sementara untuk ODP berjumlah 5.118 yang terdiri dari 1.012 proses pemantauan serta 4106 selesai pemantauan.

Reporter: Rudi Cader

Editor   : Melatisan

Facebook Comments

loading...