Usai Tinjau Posko Perbatasan, Kapolda Sumbar Tinjau Pembuatan APD di BLK Dharmasraya

217
Kapolda Sumbar di dampingi Bupati Dharmasraya tinjau proses pembuatan APD produksi BLK Dharmasraya berstandar Nasional
Kapolda Sumbar di dampingi Bupati Dharmasraya tinjau proses pembuatan APD produksi BLK Dharmasraya berstandar Nasional

ARRUSNews – Selepas meninjau Pos Penanganan Covid-19 di wilayah perbatasan Sumbar-Jambi di Sungai Rumbai, Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan, bersama Ketua DPRD Pariyanto. SH, ajak Kapolda Sumbar Irjen Pol Toni Harmanto, meninjau proses pembuatan Alat Pengaman Diri (APD) di Balai Latihan Kerja (BLK) Dinas Transmigrasi dan Tenaga Kerja daerah mekar itu, Selasa (7/4/20).

Selama penanganan Covid-19, Pemkab Dharmasraya berinisiatif  memproduksi masker dan APD secara mandiri. Sehingga Distranker dibawah komando Marten Yunus. M. ENg itu, menjadi primadona pembuat APD di Sumbar.

Pasalnya, disaat kondisi negara kesulitan mendapatkan APD dan masker, dalam waktu kurang dari 24 jam,  sosok Kadis pemikir yang memiliki inovasi itu, mampu menciptakan APD  dan masker produksi sendiri berstandar nasional.

“Sulitnya mendapat APD belakangan ini, membuat dirinya tergerak untuk memberdayakan peserta didik BLK untuk membuat masker dan APD. Bahkan, mereka juga mendapatkan upah dari hasil jahitannya itu senilai Rp30 ribu/hari, dengan diberi sarapan pagi, makan dan Snack,” Sebut Marten Yunus ketika di tanya diruang kerjanya.

APD produksi BLK Dharmasraya berstandar Nasional
APD produksi BLK Dharmasraya berstandar Nasional

Ia menerangkan, kekuatan siswa sebanyak 32 orang sedang diberdayakan itu, mampu membuat APD sebanyak 20 lembar, dan masker 1 500 lembar setiap hari.

“Kewajiban utama setiap hari, BLK harus menyediakan sebanyak 500 lembar untuk kebutuhan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sungai Dareh. Belum lagi, personil yang bertugas di lapangan hingga masyarakat yang membutuhkan,” kata Marten

Ia juga menambahkan, bahwa bupati telah menargetkan untuk memproduksi masker sebanyak 100 ribu lembar, dan APD sekitar 2000 ribu lembar, sepanjang masa tanggap darurat covid-19 saat ini.

“ Atas alasan itu, kita harus bergerak cepat dan tidak merenggangkan waktu untuk memproduksi masker dan APD, demi kelancaran tugas tenaga medis dalam menangani pasien,” pungkasnya.

Reporter: S Hanif

Facebook Comments

loading...