Sembuh 1, Positif Bertambah 3, Jumlah Warga Sumbar Terinfeksi Covid 19 Mencapai 148 Orang

352
Jasman
Jasman Rizal

ARRUSNews –  Warga Sumatera Barat (Sumbar) yang dinyatakan positif terpapar Virus Corona (Covid19)  bertambah lagi 3 orang. Dengan demikian, sampai Kamis (30/4),  jumlah positif Covid-19 di Sumbar  tercatat sebanyak 148 orang.

 “ Namun 1 orang pasien, juga dinyatakan sembuh setelah menjalani perawatan di RSUP M. Jamil Padang,” kata Juru Bicara Covid 19 Sumbar Jasman Rizal melalui pesan tertulisnya, Kamis (30/4).

Jasman menyebutkan, penambahan 3 orang positif terinfeksi tersebut dilaporkan oleh Dr. dr. Andani Eka Putra, M.Sc yang memimpin pemeriksaan sampel swab di laboratorium fakultas kedokteran Unand. Ketiga orang yang dinyatakan positif tersebut masing-masing 2 (dua) orang dari kota Padang dan 1 (satu) orang dari Tanah Datar.

Pasien dari Kota Padang adalah  Wanita (31 tahun), alamat Parak Buruk Batipuh Panjang Kecamatan Koto Tangah Kota Padang. Pekerjaan wiraswasta dan riwayat terinfeksinya masih belum diketahui, karena riwayat kontak dan riwayat perjalanannya masih diinvestigasi. Sekarang dirawat di RSUP M Jamil Padang.

Kemudian yang kedua Wanita (50 tahun), beralamat di Flamboyan Baru Kota Padang. Pasien merupakan seorang guru yang terinfeksi karena pernah kontak dengan warga yang telah positif sebelumnya. Saat ini juga sedang dirawat di RSUP M Jamil Padang.

Pasien ke 3  berasal dari  Kabupaten Tanah Datar, seorang paramedis pria ( 27 tahun) asal Panyalaian.

“ Satu orang dari Tanah Datar ini, merupakan suami dari warga sebelumnya yang juga telah positif terinfeksi covid-19. Sekarang isolasi mandiri di rumahnya,” ujar Jasman.

Selain itu, Kabiro Humas pemprov Sumbar ini juga melaporkan bahwa dari RSUP M Jamil terdapat 1 (satu) orang pasien sembuh. Warga Padang Timur, wanita usia 80 tahun, ibu rumah tangga.

“Dengan demikian total yang telah dinyatakan positif terinfeksi covid-19 di Provinsi Sumatera Barat sampai hari ini Kamis 30 April 2020 adalah 148 orang, dengan rincian 40 orang masih dirawat, isolasi mandiri di rumah 33 orang, 26 orang di berbagai pusat karantina, meninggal dunia 15 orang dan sembuh 25 orang,” bebernya.

Sementara itu, perkembangan Covid-19 di Sumbar yang datanya dihimpun dari berbagai rumah sakit dan gugus tugas Kabupaten / Kota se Sumatera Barat hingga Kamis, 30 April 2020, pukul 16.00 WIB, total Orang Dalam Pemantauan (ODP) sebanyak 8.028 orang. Dalam proses pemantauan sebanyak 409 orang dan selesai pemantauan sebanyak 7.619 orang.

Sedangkan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) sebanyak 379 orang. Dari 379 PDP tersebut, 49 orang masih dirawat di berbagai rumah sakit rujukan sambil menunggu hasil lab.

“Dinyatakan negatif terinfeksi covid-19 sebanyak 322 orang dan isolasi diri di rumah 8 orang,” pungkasnya.

Reporter: Rudi Cader

Editor: Malin Marajo

Facebook Comments

loading...