Sepi Peminat, Wirianto Datuak Calon Tunggal Ketum KONI Limapuluh Kota

Wirianto
Rapat Verifikasi Administrasi dan Penetapan Calon Ketua Umum KONI 50 Kota, tetapkan Wirianto Datuk sebagai Calon Ketua Umum tunggal, dipimpin ketua Organizing Commitee (OC), Budi Febriandi, di Kantor Sekretariat KONI, Selasa (16 Maret 2021).

ARRUSNews –  Wirianto Dt Paduko Bosa Marajo  akhirnya ditetapkan sebagai calon tunggal oleh Panitia Musyawarah Olahraga Kabupaten (Musorkab) KONI Kabupaten Limapuluh Kota, menyusul ditutupnya  pendaftaran calon Ketua Umum KONI terhitung tanggal 15 Maret 2021. 

 

Penetapan Wirianto Datuak dilakukan dalam rapat pleno verifikasi administrasi dan penetapan calon ketua umum KONI Limapuluh Kota yang dipimpin Ketua Organizing Commitee (OC) Musorkab, Budi Febriandi,  di kantor sekretariat KONI komplek Kantor Bupati Lama, Kota Payakumbuh, Selasa (16 Maret 2021) siang.

“Setelah memeriksa semua kelengkapan berkas persyaratan administrasi ketua umum KONI, termasuk syarat dukungan minimal dari 10 cabang olahraga, maka hari ini kita tetapkan Wirianto Dt Paduko Bosa Marajo sebagai calon tunggal,” kata Budi Febriandi, menetapkan keputusan rapat.

KONI
Wirianto Dt Paduko Bosa Marajo ketika menyerahkan persyaratan administrasi sebagai calon ketua umum KONI, Minggu (14 Maret 2021) siang.

Pemeriksaan berkas adminsitrasi, lanjut Budi, sebelumya sudah dilakukan verifikasi oleh panitia dan dipastikan lengkap. Panitia OC, sesuai tata-tertib dan AD ART telah melakukan proses penjaringan dan membuka pendaftaran bagi para insan olahraga yang berpotensi menjadi ketua umum KONI.

Hanya saja, sampai ditutupnya masa pendaftaran pada Senin 15 Maret kemarin, hanya satu calon yang mendaftarkan dirinya, yakni Wakil Ketua Umum KONI, Wirianto Datuak. Adapun proses selanjutnya, panitia bakal menyampaikan hasil penjaringan calon di dalam forum Musorkab, sebagai bahan musyawarah pada Rabu 17 Maret.

Musorkab sendiri akan dilangsungkan di aula kantor Bupati Limapuluh Kota di kawasan Sarilamak. Budi juga menambahkan, sesuai Tatib pemilihan serta AD-ART KONI terkait tata-cara pemilihan calon Ketua Umum KONI, jika calon yang mendaftar hanya satu orang, apabila memenuhi persyaratan, maka akan ditetapkan secara aklamasi.

“Begitu juga pemilihan atau penetapan calon terpilih, nanti akan ditetapkan di forum (Musorkab). Yang memiliki hak suara adalah pengurus cabang olahraga devinitif, ditambah 1 suara KONI 50 Kota dan 1 suara KONI Provinsi. Saat ini, dari 37 cabor kita yang ada, terhitung ada 28 cabor yang aktif SK Kepengurusannya hingga tanggal 17 Maret,” lanjutnya.

Ketua
Ketua Organizing Commitee (OC), Budi Febriandi pimpin rapat Verifikasi Administrasi dan Penetapan Calon Ketua Umum KONI 50 Kota, di Kantor Sekretariat KONI, Selasa 16 Maret 2021.

Budi Febriandi yang kini juga menjabat Wakil Ketua Umum KONI 50 Kota memastikan, terkait persiapan teknis Musorkab sudah rampung dan hanya menunggu pelaksanaan. Dia pun mengaku optimis jika proses Musorkab KONI bakal berjalan sukses, tertib dan lancar.

Terpisah, Ketua Umum KONI Limapuluh Kota, Davis Emha, berharap proses penyelenggaraan Musorkab KONI tahun 2021 berjalan secara musyawarah dan terbuka. “Siapa pun nanti terpilih memimpin KONI, harapan kita dapat melanjutkan setiap program kerja yang sudah kita buat serta memperbaiki apa yang masih menjadi kekurangan,” harap Davis Emha.

Reporter: Mardikola Tri Rahmad

Facebook Comments