Sosialisasi Pilkades, Kapolres Kampar Ingatkan Penyelenggara dan Calon Kades Agar Tidak Menghalalkan Segala Cara

Sosialisasi
Sosialisasi Perbup kampar tentang pemilihan kepala desa serentak mendaulat Kapolres AKBP Rido Purba sebagai narasumber

ARRUSNews – Kapolres Kampar AKBP Rido Purba SIK, MH didaulat sebagai narasumber Sosialisasi Peraturan Bupati (Perbu) Kampar nomor 32 tahun 2021, tentang penyelenggaraan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak Bergelombang tahun 2021, Selasa (14/9/2021)

Selain Kapolres, Sosialisasi ini juga dihadiri Kadis PMD Dukcapil Provinsi Riau Yurnalis S.Sos, MSi, Kadis PMD Kab. Kampar Afrizal Rahman S.Sos, Kasat Pol PP Kab. Kampar Nurbit SP, M.Si dan serta Ketua APDESI Kampar Jonedi S.Ag.

Menyambut itu,  Kepala Dinas PMD Kabupaten Kampar Afrizal Rahman dalam sambutannya mengatakan,  kegiatan sosialisasi Pilkades Serentak dibagi dalam 5 rayon, dimana hari ini merupakan pelaksanaan kedua yang diikuti 7 Kecamatan.

Dikatakan, Desa yang melaksanakan Pilkades Serentak untuk gelombang II di Kabupaten Kampar pada tahun 2021, ada sebanyak 102 Desa yang tersebar di 21 Kecamatan.

Kegiatan ini sebagai bagian dari kesiapan dalam pelaksanaan Pilkades Serentak Bergelombang tahun 2021, agar dalam pelaksanaannya nanti dapat berjalan dengan aman dan lancar sesuai aturan yang ada.

“ Pelaksanaan Pilkades serentak tahun 2021 berbeda dengan sebelumnya, karena berlangsung dalam masa Pandemi Covid-19. Sehingga pelaksanaannya harus menerapkan protokol kesehatan,” papar Afrizal Rahman.

Sementara itu, Kapolres Kampar AKBP Rido Purba  meminta pelaksana atau penyelenggara Pilkades mengikuti aturan main, karena sudah ada landasan hukum serta aturannya.

 

Bila ada hal-hal yang diragukan, ulas Kapolres, agar ditanyakan atau dikoordinasikan dengan panitia lain dan jangan membuat keputusan sendiri.

“Persiapkan segala sesuatunya agar pelaksanaan Pilkades dapat berjalan dengan lancar sesuai aturan, “ ujar Kapolres.

Untuk para calon Kades yang akan berkompetisi dalam Pilkades serentak ini, Kapolres Rido Purba  mengingatkan supaya tidak menghalalkan segala cara guna untuk meraih kemenganan.

“ Awali dengan niat baik untuk memajukan daerah dan jangan berpikir untuk mencari kekayaan,” ingatnya.

Disisi lain,  Kapolres Kampar ini juga mengingatkan, agar dalam pelaksanaan Pilkades  tetap mempedomani protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Kapolres Rido Purba memastikan, petugas keamanan dari Polri bersama TNI dan Satpol PP akan mendukung penuh pengamanan Pilkades Serentak ini, agar semuanya dapat berjalan dengan aman dan lancer.

Pada kesempatan, Kapolres Kampar juga membuka sesi Tanya-jawab dengan peserta sosialisasi. Beberapa pertanyaan yang disampaikan peserta ditanggapi langsung oleh AKBP Rido Purba.

Sosialisasi Perbup Kampar nomor 32 tahun 2021 ini, diikuti Unsur Forkompimcam (Camat, Kapolsek, Danramil) dari 7 Kecamatan, yaitu Kec. Bangkinang, Kuok, Salo, Bangkinang Kota, Kampar Utara, XIII Koto Kampar dan Koto Kampar Hulu. Kegiatan juga diikuti Ketua BPD dari Desa-desa di 7 Kecamatan yang melaksanakan Pilkades serentak yang berjumlah 28 desa.

Reporter: Dino Aritaba

Facebook Comments

Artikel sebelumyaHibahkan Tanah Polsek Rao Utara, Benny Utama: Untuk Sementara Dirikan Pos Polisi Perbatasan
Artikel berikutnyaJawab Pandangan Fraksi DRPD, Bupati Solok: APBD Perubahan 2021 Dipengaruhi Bencana non Alam Pandemi Covid-19