STP Unand Gelar Workshop Produk Olahan Sereh Wangi

79
Sereh Wangi
Jajaran STP Unand bersama pejabat Pemkot Solok

ARRUSNews – Bekerjasama dengan Pemerintah Kota (Pemko Solok), Science Techno Park (STP) Universitas Andalas   menggelar kegiatan workshop produk olahan berbasis sereh wangi menjadi beberapa produk seperti natural lotion, natural soap padat, transparan dan cair.

 

Pelatihan pembuatan produk dilaksanakan di Laboratorium Kimia, Biokimia Hasil Pertanian dan Gizi Pangan, Jurusan Teknologi Hasil Pertanian, FATETA, Universitas Andalas, selama dua hari,  dari tanggal 21 hingga 22 Juli 2020.

Kegiatan kerjasama  STP Unand dengan Dinas Perdagangan, Koperasi dan UKM Kota Solok ini sebagai upaya menginkubasi tenant (pelaku usaha) sereh wangi di kota Solok.

Dipandu Ketua Unit Pengembangan Teknologi, STP Unand, Dosen Teknologi Hasil Pertanian Cesar Welya Refdi, S.TP, M.Si, menghadirkan narasumber Dosen dan Peneliti Lemak-Minyak dan Minyak Atsiri Jurusan Teknologi Hasil Pertanian, Dr. Ir. Rini B, MP.

Ketua STP Unand, Dr. Eka Candra Lina menyampaikan, agenda ini adalah tahapan kedua dalam proses inkubasi tenant Minyak Atsiri Sereh Wangi Kota Solok, yaitu dalam bentuk pengembangan produk sereh wangi.

Menyambut itu,  Kepala Dinas DPUKM Kota Solok, Drs. H. Bujang Putra mengatakan,  pihaknya mendukung penuh kegiatan ini dan berharap produk yang dihasilkan dapat menjadi ikon dan oleh-oleh khas Kota Solok.

“Bahwa Minyak Atsiri dari Sereh Wangi merupakan Komoditas Unggulan Kota Solok. Untuk itu, DPKUKM Kota Solok akan berupaya meningkatkan nilai jual, terutama dalam bentuk produk turunan sereh wangi,” ujar Bujang Putra.

Pada pelatihan ini, dihasilkan produk olahan sereh wangi dalam bentuk lotion, sabun padat, transparan dan cair dengan bahan-bahan alami dan kualitas premium.

Sebagai narasumber, Dr Ir Rini B MP  memberikan informasi lengkap mengenai olahan minyak atsiri khususnya dalam bentuk kosmetik, kemudian membuat produk olahan sereh wangi dan hari kedua yaitu packaging produk dan pelatihan formulasi sabun dengan menggunakan aplikasi.

 Reporter:  Afrizal

Facebook Comments

loading...