Terus Bertambah, Jumlah Warga Sumbar Positif Covid 19 Naik Menjadi 96 Orang

781
Covid19
Jasman Rizal, Kepala Biro Humas Setda Prov Sumbar selaku Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Sumbar (Foto: Istimewa)

ARRUSNews Jumlah warga terinfeksi positif Covid-19 bertambah 10 kasus di Sumatera Barat (Sumbar) pada Jumat (24/4). Dengan demikian,  total warga yang terinfeksi positif covid-19 naik menjadi 96 orang.

Jasman Rizal, Kepala Biro Humas Setda Prov Sumbar, selaku Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Sumbar menyebutkan, pertambahan masyarakat positif terinfeksi covid-19 di berbagai daerah Sumatera Barat semakin meningkat. Kalau kemaren (Kamis-red), pertambahan 5 orang, pada Jumat (24/4), berdasarkan hasil swab tim laboratorium Fakultas kedokteran Unand, terjadi penambahan kasus positif sebanyak 10 orang lagi.

“ Penyumbang terbanyak masih dari kota Padang sebanyak 6 orang, Pesisir Selatan 2 orang, Kepulauan Mentawai 1 orang dan untuk pertama kali dari Kota Payokumbuah 1 orang,” kata Jasman Rizal

Disebutkan,  Kabupaten Kepulauan Mentawai terjadi tambahan warga positif terinfeksi covid-19. Artinya, telah 2  orang warga Mentawai positif terinfeksi. Pasien tersebut warga Sipora Selatan, mahasiswi (19 tahun). Terinfeksi karena kontak dengan pasien Mentawai sebelumnya yang juga telah positif terinfeksi. Sekarang di rawat di RSUD Mentawai.

Kemudian Kota Payokumbuh, kasus pertama yang menimpa warga positif terinfeksi covid-19 adalah Pria (59 tahun), pedagang. Diduga terinfeksi karena pulang dari urusan dagangnya di Pasar Aua Kuniang Bukittinggi.

“ Sekarang dirawat di RS Achmad Mochtar Bukittinggi,” kata Jasman.

Disamping itu, pasien yang dinyatakan sembuh tanggal 24 April 2020 bertambah 1  orang lagi dari Kota Padang. Sebaliknya, ada  1  orang pasien RSUD Rasyidin Kota Padang meninggal dunia pada hari yang sama,  pukul 06.15 WIB.

Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Sumbar mengungkapkan, dari total 96 positif terinfeksi covid-19 di Sumatera Barat, 17 orang diantaranya sudah sembuh, 10 orang meninggal dunia, 24 orang dirawat di berbagai rumah sakit dan 40 orang isolasi mandiri di rumah dan 5 orang lagi di Bapelkes Provinsi Sumbar di Padang.

Jasman Rizal menyampaikan  rincian perkembangan Covid-19 di Sumbar,  total Orang Dalam Pemantauan (ODP) sebanyak 7.312 orang, proses pemantauan 533 orang, selesai Pemantauan 6.779 orang dan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) sebanyak 300 orang.

Dari 300 PDP tersebut, kata Jasman,  44 orang masih dirawat di berbagai rumah sakit rujukan sambil menunggu hasil lab. Dinyatakan negatif terinfeksi covid-19 sebanyak 242 orang dan isolasi diri di rumah 14 orang.

Sementara itu, pasien Positif covid-19 yang isolasi mandiri di rumah yang bukan pasien dari salah satu RS Rujukan total 21 orang, isolasi mandiri di rumah 15 orang, di Bapelkes 3 orang dan telah dinyatakan sembuh sebanyak 3 orang.

Reporter  : Rudi Cader

Editor      : Melatisan

Facebook Comments

loading...